kamopung_20160921_225040

PALEMBANG,HS – Jelang Persiapan pilkada Muba yang akan digelar 15 Feburai 2017, panita pengawas pemilu (Panwaslu)  Kabupaten Musi Banyuasin (Muba),  saat ini tengah mencermati, meneliti dan mengawasi data daftar penduduk pemilih potensial pemilihan (DP4) yang telah di plenokan oleh KPU Muba beberapa waktu lalu.

Saat ini DP4 tersebut, tengah dilakukan  pemuktahiran oleh Petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP).Dalam proses  tersebut panwaslu Muba akan melakukan pengawasan dengan menggunakan aplikasi  sistem anilisa data pemilu (SADAP).

komisioner Panwaslu Muba Divisi Pencegahan Dan Hubungan Antar Lembaga, Sigit Nugroho kepada media mengatakan,” saat ini panwascam se-Kabupaten Muba sudah  turun langsung melakukan pemeriksaan dan pendampingan dalam proses coklit yang dilakukan oleh PPDP, hal itu kami lakukan agar pada proses tersebut bisa berjalan sesuai aturan PKPU,” katanya,  Jum’at (23/9).

Sigit menambahkan saat ini panwaslu melalui panwascam tengah melakukan perekrutan petugas  pengawas pemilihan lapangan (PPL)  untuk seluruh desa dan Kelurahan disetiap Kecamatan sesuai  wilayahnya se kabupaten Muba.

“Ya penerimaan ini mulai di buka pada tanggal 22-28 sepetember 2016, Untuk info jelas lainya bisa dilihat  websait bawaslusumsel.net/pengumuman-pendaftaran-ppl-se-kabupaten-muba-“jelasnya.

Sebelumnya, KPU Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) secara resmi telah mengumumkan Daftar Penduduk Potensial Pemilih (DP4), yang tersebar di 14 Kecamatan.

Berdasarkan hasil analisis DP4 dan hasil Sinkronisasi Data Pemilih yang telah dituangkan dalam berita acara Rapat Pleno, komisionel KPU Muba Nomor : 79/BA/VIII/2016, tanggal 18 Agustus 2016, tentang rekapitulasi hasil akhir DP4 dan Hasil Sinkronisasi Data Pemilih, pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muba 2017, yakni sebanyak. 422.505.

“Kita telah melakasanakan  pleno  rekapitulasi hasil akhir DP4 dan Hasil Sinkronisasi Data Pemilih, pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Muba 2017. Sehingga wajib kita umumkan kepada masyarakat tentang jumlah DP4 tersebut,” ungkap firdaus Marvel’s ketua KPUD Muba dihubungi RMOLSUMSEL.

Firdaus menjelaskan , DP4 telah dianalisa oleh KPU Indonesia. Kemudian KPU menyerahkannya kepada KPU Muba untuk dimutakhirkan.

“DP4 yang diterima dari Mendagri (Menteri Dalam Negeri). Tentunya, yang ke Mendagri adalah yang tercatat di Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil),” ujarnya.

Lanjutnya,  sejuah ini pihaknya bisa memastikan di dalam DP4 yang diumumkan telah bersih dari data ganda. Karena sudah dilakukan pengecekan ulang oleh KPU RI.

“Ya, tentunya sudah dibersihkan oleh KPU (pusat),” tandasnya.

Sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyerahkan daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang berjumlah 41.802.538 jiwa kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk digunakan sebagai pertimbangan data penentuan daftar pemilih Pilkada 2017, pada 14 Juli 2016 yang lalu.(SNI)

 

 

Sumber : RMOLSumsel