wajah-baru-pasar-cinde-mulai-disosialisasikan

Pasar Cinde yang terletak di jalan Jendral Sudirman Palembang

PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin menyampaikan akan tetap merenovasi bangunan Pasar Cinde.

“Pasar Cinde akan tetap direnovasi,” katanya saat diwawancarai di Griya Agung, Senin (3/10).

Alex Juga Mengatakan, Pihaknya tetap merenovasi Pasar Cinde dikarenakan bangunan Pasar Cinde dinilai sudah tidak layak dan juga bukanlah cagar budaya. “Pasar cinde tidak tepat lagi disebut bangunan cagar budaya karena sudah pernah dua kali dipugar yaitu pada tahun 1971 dan 1981,

Alex menjelaskan, jika memang masih ada yang protes terkait renovasi bangunan pasar cinde dan tetap mengatakan bangunan pasar cinde cagar budaya maka pihaknya akan membuat bangunan pasar cinde menjadi perzonasi.

“Maksud dari perzonasi ini yaitu bangunan Pasar Cinde yang diyakini masuk cagar budaya akan tetap dipertahankan misalnya tiang cendawa, maka tiang cendawa itu akan dipertahankan. Nah kalau yang bukan maka akan direnovasi,” jelasnya.

Lanjutnya, Pada 8 November mendatang pihaknya akan melakukan sosialisai kepada para pedagang mengenai harga.

“Selain sosialisasi harga pada november nanti juga akan dilakukan pembangunan tempat penjualan sementara (lapak-lapak) dan juga hasil kajian taman purbakala selesai,” ungkapnya seraya menambahkan pihaknya berharap sebelum desember sudah dilakukan Groundbreakng.

Sementara itu CEO Aldiron Hero Group, Aldrin L Tando mengatakan, mulai hari ini pembangunan pasar cinde sudah berjalan 180 hari sejak perjanjian penandatanganan waktu itu.

“Untuk bangunan pasar cinde yang sudah jelas-jelas dua kali dipugar ini untuk desainnya tidak berubah dan kita tetap mempertahankan budayanya,” ujarnya.

Untuk target renovasi Pasar Cinde ini sendiri akan selesai sebelum Agustus 2018 mendatang.
Sebelum Asian Games 2018 kita targetkan selesai, maka dari itu sama mohon doa dan dukungan dari kalian,

Lanjut Kepala Dinas PU Cipta Karya Provinsi Sumsel, Basyaruddin mengatakan pihaknya akan menyiapan site plan dalam dua minggu lagi.

“Untuk site plannya akan siap atau selesai dua minggu lagi. Sementara belum ada perubahan 12 lantai termasuk basement. Tahun ini juga berjalan BOT,”tutupnya.(MDN)