PALEMBANG,HS – Pangdam Il Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, S,I,P., M. Hum., melaksanakan penanaman pohon Mangrove di wilayah Pesisir Pantai Tanjung Api-api Desa Muara Sungsang Kecamatan Banyuasin II Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Senin (7/10/2019).

Dipilihnya pohon Mangrove dikarenakan tumbuhan ini memiliki akar yang kuat dan saling terhubung antara tumbuhan induk satu dengan tumbuhan induk lainnya, membentuk jalinan dan rumpun akar yang mampu menahan ombak sehingga kawasan pesisir terhindar dari bahaya erosi.

Hutan mangrove selain mampu melindungi kawasan pantai juga mampu menghidupi ekosistem di sekitarnya, Selain itu, Penanaman bibit mangrove merupakan ekosistem esensial di dunia dalam mendukung sektor perikanan, mengurangi erosi pantai, sebagai upaya konservasi keanekaragaman hayati serta menyediakan sumber mata pencaharian bagi banyak orang.

Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan bahwa, selain dalam rangka memeriahkan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019, tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut adalah untuk memelihara lingkungan hidup, sekaligus mempererat tali silaturahmi dan membangun semangat kebersamaan antara TNI, Polri dan dengan semua komponen masyarakat, juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kecintaan kita pada lingkungan hidup.

“Mari kita jaga alam kita agar pohon Mangrove ini menjadi tempat wisata alam yang indah. Kita semua harus menjadi penjaga lingkungan kita. Seluruh elemen masyarakat, OPD, TNI, Polri dan masyarakat agar bahu membahu menjaga lingkungan pemerintah daerah menjadi aman dan bersih. Semua ini akan sukses apabila kita semua bekerjasama,” katanya

“Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi kita semua, sebagai upaya dalam memelihara lingkungan hidup serta membangun kebersamaan dan silaturahmi diantara kita semua,” tambahnya

Penanaman pohon ini melibatkan seluruh unsur mulai dari TNI, Polri, pejabat pemrov maupun pemkab, pelajar dan masyarakat yang digelar secara serentak dalam rangka pemecahan rekor MURI penanaman 4.500 pohon Mangrove sekaligus memeriahkan HUT Ke-74 TNI. (Rill/Ron)