foto (ist)

PALEMBANG,HS – Pelatih tim dayung Indonesia untuk Asian Games 2018, Boudewijn Van Postal, mengaku sangat penasaran dengan kecepatan tim India. Setelah melihat beberapa hari latihan di Danau Jakabaring, Palembang, tim India menunjukkan semangat yang luar biasa.

“Kami masih buta dengan kekuatan India, karena itulah saya penasaran sekali,” katanya usai latihan kamis (16/8/2018)

Ia juga mengatakan, Tim India memang bukan unggulan pada perhelatan ini, namun menurutnya, semangat yang ditunjukkan tim itu sangat luar biasa

“Semangat seperti itu yang harus diwaspadai. Mereka kelihatan menikmati sekali dan kita belum ada informasi tentang mereka. Bisa jadi mereka membuat kejutan menjadi yang tercepat,” pungkasnya

Dia mengakui, pada perhelatan ini, tim Cina dan Hong Kong tetap menjadi unggulan. Kedua negara itu selalu merepotkan Indonesia dalam memperebutkan mndali emas di ajang manapun.

“Mereka kuat sekali di setiap kompetisi, Tim dayung India juga. Tapi, kita tak boleh kalah dari mereka. Kecepatan kita sudah ditempa sejak lama untuk Asian Games ini,” tuturnya.

Sementara itu pelatih dari Indonesia, Dede Rohmat Nurjaya, mengatakan mereka  sudah membuat program jangka panjang sejak tahun 2012 dan pelatihan nasonal (pelatnas) secara berkesinambungan menuju Asian Games 2018.

“Memang sudah banyak atlet masuk dan keluar selama enam tahun itu, tapi yang terpilih untuk Asian Games ini adalah yang terbaik,” ujarnya

Ia menambahkan, Sebelum berlatih selama lima hari sejak Minggu 12 Agustus 2018 di Palembang, mereka berlatih di Belanda untuk mengasah kecepatan tim.

“Di Belanda, kita nerlatih selama tiga bulan. Angin di sana kencang sekali, sama seperti Palembang, namun di sini sih mendingan,” katanya

Dengan kondisi seperti itu, menurut Dede, timnya optimistis bisa memenuhi target Kontingen Indonesia yang meminta mereka meraih dua medali emas.

“Saya selalu menekankan kepada atlet agar percaya dengan kemampuan mereka, karena mereka sudah latihan keras,” ujarnya.

Ia juga meminta para ateit dayung Indonesia fokus, walau nanti saat pertandingan suasana di danau akan ramai sekali.

“Paling penting, mereka tidak terbebani hasil, tapi berpikir proses yang maksimal,” tutupnya