PALEMBANG,HS – Peleton Beranting (Tonting) Yudha Wastu Pramuka Jaya (YWPJ) telah memasuki etape VIII di Desa Karang Agung Kec. Jejawi Kab. Ogan Komering Ilir bertempat di lapangan SDN Bubusan telah dilaksanakan kegiatan serah terima Tonting YWPJ dari Peleton Etape VII Yonif 143/TWEJ dipimpin Letda Inf Agus Susilo dan Peleton pendamping dari Yonarhanud-12/SBP dengan  Peleton Etape VIII Yonif Raider 200/BN dipimpin Letda Inf Sulistiyo dan Peleton Pendamping dari Yonzikon 12/KJ serta sebagai Perwira pengawas Katopdam II/Swj Kolonel Ctp Soehardjito, H.S.,M.Sc. yang dihadiri sekitar 500 orang, Senin (18/12/2017).

Pada etape VIII di Desa Karang Agung Kec. Jejawi Kab. OKI ini perjalanan Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya yang mulai start pada hari Sabtu (16/12) dari Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya Palembang telah menempuh jarak 185 kilometer dan akan finis di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang pada esok hari (Selasa, 19/12) yang akan dilanjutkan dengan upacara peringatan hari Infanteri ke-69 tahun 2017.

Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati Hari Infanteri setiap tanggal 19 Desember. Tonting Yudha Wastu Pramuka Jaya kali ini mengambil tema “Dilandasi semangat Yudha Wastu Pramuka Jaya, prajurit Infanteri bersama rakyat, kuat, mandiri dan berkepribadian guna memperkokoh kemanunggalan TNI-Rakyat”.

Tujuan dari diselenggarakan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka ini adalah untuk mewujudkan jiwa korsa dan kebanggaan prajurit Infanteri sebagai pasukan terdepan dalam setiap pertempuran, serta menanamkan nilai-nilai kejuangan, semangat pantang menyerah dan keteladanan Panglima Besar Jenderal Sudirman kepada generasi muda TNI AD.

Pada pukul 10.00 WIB Peleton Vll Yudha Wastu Pramuka Jaya dari tiba di Desa Karang Agung Kec. Jejawi Kab. OKI disambut oleh Katopdam II/Swj Kolonel Ctp Soehardjito, H.S.,M.Sc. selaku Perwira Pengawas, Kabaglat Rindam II/Swj, Danramil 402-03/SP Padang, Kapolsek Jejawi, Camat Jejawi dan Toga serta Tomas di wilayah Jejawi.

Selanjutnya dilakukan Upacara Serah Terima “Peleton Yudha Wastu Pramuka Jaya Tahun 2017” bertindak selaku Inspektur Upacara Katopdam II/Swj Kolonel Ctp Soehardjito, H.S.,M.Sc. dan pada pukul 11.00 WIB, Peleton Beranting Etape VIII Yudha Wastu Pramuka Jaya dari Batalyon Yonif Raider 200/BN yang dipimpin oleh Danton Etape VIIl Letda Inf Sulistiyo resmi dilepas oleh Katopdam II/Swj Kolonel Ctp Soehardjito, H.S.,M.Sc. menuju Pesantren Hidayatullah Desa Tanjung Marbu Kec. Rambutan Banyuasin untuk melakukan serah terima dengan Peleton Beranting Etape IX Peleton Yonif 143/TWEJ.