PALEMBANG,HS – Pembebasan lahan jembatan Musi Vl saat ini masih terkendala dana, sekitar 45 rumah warga sekitar pembangunan jembatan tersebut belum dibebaskan oleh Pemprov Sumsel.
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi VI Fauzi mengatakan, saat ini pembangunan jembatan Musi Vl masih terkendala Pembebesan lahan warga sekitar,
“Ya, permasalahan pembangunan Musi VI ini klasik, karena sampai sekarang lahan masih banyak yang belum bebas,” ujarnya Rabu (4/7/2018).
Ia juga mengatakan, untuk lahan yang belum bebas kurang lebih ada 30 rumah dan lahan di Seberang Ilir Palembang dan sekitar 15 rumah dan lahan di bagian Seberang Ulu Palembang atau persisnya sekitar 300 meter di Seberang Ilir dan 200 meter di Seberang Ulu.
“Secara kontrak pembangunan Jembatan Musi VI ini selesai sampai akhir Desember 2018 mendatang. Jadi kalau sampai batas waktu tersebut pembangunanya belum selesai nanti kami akan melapor ke atasan kembali,” tuturnya
Ia juga menambahkan, sepengetahuan dari pihaknya sendiri telah ada kesepakatan dengan warga untuk persoalan pembebasan lahan. Artinya sudah sepakat dan tinggal pembayaran saja. Untuk pembayaran dilakukan oleh Pemprov Sumsel.
“Sepengetahuan kami sudah ada sepakat, tinggal pencairan oleh Pemda. Info terakhir masih dalam proses pencairan yang dilakukan okeh BPKAD Pemprov Sumsel,” katanya
Ia menambahkan, pihaknya kini hanya mengerjakan apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu. Sedangkan untuk fisik pembangunan utama pada bentang tengah sudah selesai.
“Kami mengerjakan apa bisa dikerjakan dukuh,” pungkasnya
Ia menjelaskan, untuk sisa pengerjaan fisik gabungan sampai saat ini realisasinya sudah mencapai 64,974 persen dari target rencana 65,752 persen. Artinya pengerjaan saat ini deviasi 0,778 persen dari target.
“Dengan progres itu jika dikejar untuk difungsikan saat pelaksanaan Asian Games di Kota Palembang tahun ini kita tak bisa ngomong. Kalian bisa menebaknya sendiri. Pastinya kalau pembebasaan lahan sudah selesai, kita bisa mengerjakan kapanpun,” jelasnya