Musrenbang Kabupaten Empatlawang

EMPATLAWANG, HS – Setelah melalui tahapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang diselengaran di 10 Kecamatan se Kabupaten Empatlawang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empatlawang melaksanakan Musrenbang tingkat Kabupaten di Pendopoan Rumah Dinas Bupati Empatlawang, Kamis (16/3).

Kepala Bappeda Empatlawang, Peterson Okki Bial mengatakan Musrenbang merupakan forum antar pelaku dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah “Perencanaan merupakan suatu proses untuk menentukan tindakan dimasa depan sesuai dengan skala prioritas dan sumber daya yang ada,” ujarnya.

Disampaikannya banyak tujuan dari pelaksanaan Musrenbang tersebut yang bermuara kepada kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan Empatlawang Emass Gemilang “Tujuannya untuk mendukung koordinasi antar pelaku, menjamin terciptanya integrasi, singkronisasi dan sinergi, menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, pengangaran, pelaksanaan, dan pengawasan, mengoptimalkan partisipasi masyarakat dan menjamin tercapainya penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan dan berkelanjutan,” terangnya.

Sementara, Bupati Empatlawang, H Syahril Hanafiah mengatakan, untuk menggambarkan cita-cita pembangunan Empatlawang periode 2013-2018 yaitu terwujudnya Ekonomi Maju, Aman, Sehat dan Sejahtera (EMASS) berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Empatlawang.

“Diantaranya meningkatkan infrastruktur dan kelestarian lingkungan hidup, meningkatkan perekonomian daerah dan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan sosial dan budaya serta meningkatkan keamanan daerah,” ucapnya.

Dia juga menambahkan keberhasilan dapat dilihat dari indikator meningkatnya derajat kesejahteraan masyarakat Untuk mewujudkan pencapaian pembanguan perlu fokus pada program pembangunan prioritas dan sasaran pembangunan, dirinya berharap pembangunan di Empatlawang dapat berjalan dengan baik.

“Sejumlah program yang disusun untuk pembangunan Empatlawang yaitu kesehatan, dunia usaha, pariwisata, penguatan pertanian dan ketahanan pangan, ketahanan energi, penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, kamtibmas, infrastruktur, konektivitas. Semoga semuanya bisa terwujud,” pungkasnya. (ELW)