Pemkab Muaraenim membentuk tim saber pungli.

Pemkab Muaraenim membentuk tim saber pungli.

MUARAENIM, HS – Pemerintah Kabupaten Muaraenim  membentuk tim sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli). Hal ini berdasar  Surat Edaran Bupati Muarenim Nomor 700/583 Inspektorat/2016 tentang Himbauan Pemberantasan Pungutan liar.

Tim Saber Pungli di Kabupaten Muaraenim dibentuk sebagai respons surat edaran Pungli berdasar Peraturan Presiden RI nomor 87/2016 tentang satuan tugas Sapu Bersih.

Wakil Bupati Muara Enim H Nurul Aman mengatakan, perizinan menjadi tempat paling banyak indikasi gratifikasi pungli oleh masyarakat.

“Perizinan yang terindikasi adanya dugaan pungli dan gratifikasi oleh oknum masyarakat dan petugas agar dapat di tindaklanjuti dan dihilangkan sehingga pelayanan yang profesional bertanggung jawab dalam menghadapi pelyanan prima dapat tercapai,” terang Wabup, Selasa (8/11) disela-sela rapat bersama tim teknis lapangan tingkat kabupaten dan kecamatan dalam Kabupaten Muaraenim yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bappeda Muara Enim .

Orang nomor dua di Bumi Serasan Sekundang ini mencontohkan, banyak pejabat yang tertangkap tangan lantaran pungli.

“Sudah banyak para pejabat yang telah tertangkap tangan oleh Tim Sapu Bersih terkait upaya pungli dan gratifikasi. Ini merupakan acuan bagi kita untuk sama sama dihindari,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Muaraenim, Anthoni Zulkarnain SE mengatakan, pungli dan gratifikasi mempunyai pengertian yang hampir sama dimana objeknya adalah pemberian dan penerimaan atas upaya tertentu yang berkiatan dengan uang.

“Kepala SKPD untuk selalu melakukan monitoring bawahannya agar selalu mengedepankan Pelayanan masyarakat terutama menyangkut berbagai perizinan, “ ungkapnya.

Sementara itu juga Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Muaraenim, Alfarizal SH MH menjelaskan, terkait masalah perizinan pihaknya  telah membentuk tim setiap penerbitan izin yang diberikan, mulai dari pemeriksaan bangunan hingga prosesn pengeluaran. (EDW)