Wali Kota Palembang H.Harnojoyo, S.Sos meresmikan gedung baru SD, SMP, dan SMAK Negeri se kota Palembang di SD Negeri 129 Palembang

PALEMBANG, HS – Walikota Palembang, H.Harnojoyo, S.Sos mengatakan untuk mendukung kemajuan pendidikan di Kota Palembang, pada tahun ini pemkot menganggarkan 38 persen untuk biaya pendidikan

“Tahun ini kita menganggarkan 38 persen yaitu 1,2 T untuk biaya pendidikan, melebihi dari pada ketentuan undang-undang (UU) yang diamanakan yaitu 20 persen. Dan ini memberi bukti terkait pendidikan dikota Palembang,” ujarnya usai meresmikan gedung baru SD, SMP, dan SMA/K Negeri se kota Palembang di SD Negeri 129 Palembang, Senin (13/02).

Dikatakannya, pihaknya akan bertanggung jawab sepenuhnya mengenai pendidikan di kota Palembang,

“Dengan dana yang kita beri, akan mampu memberikan pelayanan kepada siswa-siswa. Khususnya untuk melengkapi kebutuhan di sekolah,” tuturnya.

Mengenai program bantuan pembelajaran kepada siswa kurang mampu se kota Palembang, pihaknya mengatakan, sekolah gratis yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi (Pempro) Sumsel, setelah adanya pengalihan sekolah dari kota ke provinsi, bantuan untuk sekolah gratis ditiadakan.

” Nah, oleh karena ini sudah menjadi komitmen kita, walaupun bantuan tidak diberikan lagi kami akan memenuhi dan tetap mengratiskan sekolah di kota Palembang, saat lalu 70 persen provinsi dan 30 persen kota, saat ini akan kita penuhi dalam anggaran 31 M untuk 1 tahun diperuntukan Rp. 24 ribu untuk SD dan Rp. 148 ribu untuk SMP, ini tetap akan kita perlakukan,” ungkapnya.

Sementara itu, Dinas Pendidikan (Disdik) kota Palembang, H. Ahmad Zulinto, S.Pd.MM mengatakan, sebanyak 79 gedung baru sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK Negeri se kota Palembang diresmikan.

“Ada 33 SD, 26 SMP, 6 SMA, 6 SMK, 6 UPTD, 1 PGRI, 1 Disdik kota Palembang yang telah kita resmikan untuk gedung barunya,” kata Zulinto ditempat dan waktu yang sama.

Ia juga mengatakan, acara ini bukan hanya peresmian gedung baru sekolah, namun juga launching program bantuan pembelajaran kepada siswa kurang mampu sekota palembang.

“Lebih kurang 400 siswa yang kurang mampu baik SD dan SMP Negeri dan Swasta se kota Palembang,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk anggaran yang telah diberikan pemerintah kota Palembang, pihaknya akan segera memperbaiki sekolah yang masih rusak.

“Ya kita berterima kasih kepada Walikota Palembang, yang telah memberikan menganggarkan dana pendidikan 38 persen. Dana tersebut untuk merehab sekolah, Karena masih banyak sekolah yang akan diperbaiki dan menjadi perhatian kita semua,” tutupnya. (HSN)