PALEMBANG,HS — Pemerintah Sumatera Selatan bakal menerima bantuan sebanyak 10 bus hydrogen car dari Pemerintah Pusat. Bantuan bus tersebut nantinya akan dioperasionalkan khusus di dalam Komplek Jakabaring Sport City (JSC) Palembang yang merupakan tempat digelarnya Asian Games 2018.
Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, jika bantuan bus yang akan diterima Sumsel tersebut berkaitan dengan transportasi yang diperbolehkan untuk mengangkut atlet dan official Asian Games 2018 selama berada di Kompleks JSC, dimana hanya electric car dan hydrogen car.
“Sumsel merupakan provinsi pertama kali di Indonesia yang akan menggunakannya. Kita dapat 10 bus hydrogen car. Dan Insya Allah serah terima dari Pusat ke Pemprov Sumsel akan dilakukan 3 atau 4 Agustus nanti,” ujarnya saat dijumpai, di Griya Agung Palembang, Selasa (31/7/2018).
Lanjutnya, dengan hadirnya bus itu juga sebagai upaya Pemprov Sumsel menghadapi pesta olahraga bangsa-bangsa Asia tersebut yang akan mulai digelar pada Agustus 2018. Untuk itu, ia memastikan jika JSC, tempat bertandingnya para atlet itu akan bebas polusi udara.
Kebutuhan bus listrik tersebut, memang sangat dibutuhkan. Sebab untuk mewujudkan JSC sebagai kota Green Sport City tersebut yang boleh beroperasi di sana hanya hydrogen car pertama di dunia. Sehingga, bus tersebut nantinya akan berjalan dengan sepenuhnya mengandalkan tenaga listrik alias tanpa bahan bakar minyak.
“Lengkap Provinsi Sumsel ini, kita melampaui daerah lain bahkan negara lain. Jadi kita harus serius untuk persiapannya juga,” tutupnya