PALEMBANG,HS –  Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjalin kerja sama diberbagai bidang dengan negara  Moldova dan Rumania.
Hal ini dikatakan langsung
Duta Besar RI untuk Rumania dan Moldova, M. Amhar Azeth seusai pertemuan dengan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, di Kantor Gubernur Sumsel, Jumat (26/7/2018).
“Yang dibicarakan banyak sekali, mulai kesehatan, peternakan, dan juga hasil perkebunan andalan yakni karet,” katanya
Bukan itu saja, kata Amhar, hal lain yang juga menjadi perhatian khusus yakni soal penjajakan kerja sama melalui paket wisata kesehatan. Terlebih, menurut dia, Rumania sudah cukup dikenal sebagai negara tujuan pengobatan berbiaya murah.
“Apalagi Rumania dikenal dengan langkah pengobatan kanker tanpa kemoterapi dan masih banyak lagi potensi yang tadi kita bahas bersama,” ujarnya
Ia menyampaikan, pihaknya juga membahas membahas mengenai rencana persiapan Indonesian Festival 2019 di Rumania dan Moldova pada tanggal 12-15 September 2019 mendatang.
“Selain itu, Pak Gubernur juga telah menginstruksikan untuk Dinas Pariwisata Sumsel memanfaatkan momen festival ini untuk mempromosikan pariwisata Sumsel dan menunjuk warga kehormatan Sumsel di Rumania dan Moldova,” jelasnya.
Ia juga menambahkan, ini sebagai upaya untuk memaksimalkan promosi pariwisata Sumsel khususnya Rumania dan Moldova yang menjadi pintu masuk ke Uni Eropa.
“Selama ini kan yang cukup dikenal Eropa Timur masih Bali sebagai destinasi wisata, oleh karena itu diharapkan Pak Gubernur dengan adanya warga kehormatan menjadi langkah tepat promosi Sumsel,” tutupnya