2PALEMBANG,HS- Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan siap mendukung suksesnya pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel 2 November sampai 18 November 2016 mendatang.

Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki mengatakan, untuk mendukung survei ini, seluruh instansi dan dinas yang akan dilakukan survei harus mengumpulkan seluruh jajarannya sehingga pada pelaksanaannya nanti dapat berjalan lancar.

“Survei ini baru dilakukan, dan instruksi langsung dari pusat, kepala dinas dan instansi kumpulkan seluruh staf untuk menerima BPS dan mengisi kuisioner yang diberikan,” terang Ishak Mekki saat menerima audensi Kepala BPS Provinsi Sumsel Yos Rusdiansyah SE, MM dalam rangka melaporkan persiapan pelaksanaan Survei Penilaian Integritas (SPI) di ruang kerja Wakil Gubernur Sumsel, Senin (31/10).

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel Yos Rusdiansyah mengatakan, Survei ini bentukan dari kerjasama KPK dengan BPS di pusat ditujukan untuk melihat integritas di masing masing instansi pemerintah, BUMN dan BUMD.

Menurutnya, seluruh Indonesia, survei dilakukan di 17 Provinsi, dan salah satu yang menjadi pilot projek survei ini yakni Provinsi Sumsel. Menurut Yos Rusdiansyah, untuk Sumsel hanya ada 6 satuan kerja yang menjadi objek survei seperti Dinas PU, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dispenda, dan BP3MD Provinsi Sumsel.

“Kita akan melakukan survei langsung kepada yang terkena sempel, baik dilingkungan satuan kerja sendiri maupun yang menikmati pelayanan,” ungkapnya.

Lanjut Yos Rusdiansyah, survei dilakukan mulai dari Kepala Dinas, Pejabat Eselon III dan IV serta staf berjumlah 10 orang, dan yang menikmati jasa pelayanan sebnyak 5 orang serta pemberi pelayanan di loket sebanyak 20 orang.

Dijelaskannya, sistem survei mengunakan teknoligi yakni menggunakan tabled sehingga responden dapat mengisi langsung di tablet yang disediakan. Kemungkinan pertanyaan, kata Yos rusdiansyah, secara garis besar pertanyaan yang diberikan tentang budaya integritas organisasi serta integritas pegawai.

“Ini baru pertama dilakukan jika berhasil dengan baik diperkirakan akan dilakukan kembali dengan cakupan seluruh Provinsi Di Indoensia,” terangnya.

Selain melaporkan rencana survei, kata Yos Rusdiansyah, pihaknya juga mengharapkan dukungan penuh Pemerintah Sumsel khususnya 6 Instansi dan Dinas yang akan dilakukan survei, sehingga survei dapat berlangsung dengan baik dan tepat waktu.

“Kita mendapat instruksi dari pusat agar melaporkan ini ke Gubernur, sekaligus meminta izin untuk melaksanakan survei, untuk pelaksanaan tim kita akan datang langsung ke Instansi dan Dinas,” pungkasnya.

Sumber (Humas Pemprov Sumsel)