PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan evaluasi kinerja sejumlah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Sumatera Selatan. Salah satunya PD Pertambangan dan Energi (PDPDE)
Pemerintah mengharapkan agar PDPDE sebagai BUMD dapat mencatatkan raihan kinerja yang positif di tahun 2018 serta mampu meningkatkan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) di tahun mendatang.
“Tadi hanya rapat evalusi perjalanan PDPDE mengingat ini akhir tahun, sekaligus merumuskan kebijakan termasuk seluruh soal kerjasama,” kata Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Mawardi Yahya ditemui usai rapat bersama PDPDE, Senin (19/11/2018).
Selain itu, pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berharap PDPDE juga dapat terus menggenjot capaian PAD yang lebih baik dan untuk bagian yang kurang efisien, unit usaha yang kurang menguntungkan dan menguntungkan untuk segera dievaluasi. Hal ini tentunya sebagai langkah meningkatkan PAD
“Kalau yang baik maka akan diteruskan, kalau tidak yah dievaluasi daripada terus menjadi beban. Begitupun soal kontribusi misalnya capaian PDPDE bisa Rp 10 Miliar, yah barang tentu kita harapkan tahun depan bisa meningkat lagi apakah Rp 20 Miliar,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur Utama Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE), Arief Kadarsyah mengatakan belum ada pembahasan khusus saat pertemuan bersama Wakil Gubernur kemarin. Wagub hanya berpesan apa yang telah baik dapat terus dipertahankan.
“Selain mempertahankan yang sudah ada maka juga akan dilakukan efesiensi. Hal ini perlu dilakukan agar tidak terlalu banyak pengeluaran, sehingga pemasukan bisa naik,” katanya.
Ia pun mengatakan bahwa efesiensi biaya terhadap hal-hal yang tak perlu ini bisa mengurangi cost operasional dan nantinya bisa jadi lebih baik dan bagus.
“Kami juga nanti mau pindah kantor lumayan mengurangi biaya, karena bangunan merupakan milik Pemda. Dengan demikian kita harap kinerja bisa lebih maksimal,” tutupnya