Pemain Mitra Kukar, Marlon da Silva (9) merayakan gol penaltinya ke gawang Sriwijaya FC.

Pemain Mitra Kukar, Marlon da Silva (9) merayakan gol penaltinya ke gawang Sriwijaya FC.

TENGGARONG, HS – Mtra Kukar FC berhasil meraih poin penuh saat menjamu tim papan atas Sriwijaya FC dengan skor 1-0 pada pada lanjutan kompetisi Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Pada laga yang dilangsungkan di Stadion Aji imbut, Tenggarong, pada Minggu (9/10), gol Mitra Kukar dicetak oleh Marlon da Silva dari titik penalti.

Babak pertama, permainan kedua tim terlihat sangat hati-hati, namun Sriwijaya FC yang lebih dulu mengancam gawang Mitra Kukar FC saat pertandingan baru berjalan empat menit.

Bola hasil tendangan bebas Yu Hyun Koo tidak mampu diselamatkan dengan baik oleh penjaga gawang Gerri Mendagi sehingga terjadi kemelut, namun SFC belum mampu membuka skor lebih dulu.

Pada menit ke-12, giliran tuan rumah yang memberikan ancaman melalui tendangan Anindito Wahyu dari luar kotak penalti. Tapi sayang sepakanya masih melebar di sisi kiri gawang Teja Paku Alam.

Tuan rumah lagi-lagi mendapatkan peluang saat pertandingan berjalan 20 menit. Kali ini giliran Dinan Javier yang melepaskan tendangan setelah sebelumnya mendapatkan umpan silang dari Yogi Rahadian, namun belum mampu mengubah papan skor.

Mitra Kukar benar-benar bermain dengan serangan yang tinggi, dimana Marlon Da Silva mampu melepaskan tendangan jarak jauh, beruntung tendangannya masih menipis di sisi kiri gawang SFC.

Teja Paku Alam benar-benar bekerja keras pada laga kali ini, dimana ia mampu menepis tendangan yang juga pernah menjadi rekannya di SFC U-21 yaitu Yogi Rahadian yang tidak terkawal.

Bola kembali memantul namun tak ada pemain Mitra Kukar yang mampu memanfaatkannya.

Kesempatan emas kembali didapatkan tuan rumah setelah Yogi lolos dari jebakan off side, beruntung sepakannya tidak keras dan mampu ditangkap oleh Teja.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol tercipta, skor sama kuat 0-0.

Babak kedua, SFC yang mengambil inisiatif untuk melakukan serangan, pertandingan baru berjalan dua menit, Hilton yang masuk ke dalam kotak penalti setelah lolos dari jebakan off side melepaskan tendangan, beruntung kiper Mitra Kukar masih sigap.

Tuan rumah akhirnya mampu membuka keunggulan pada menit ke 54 setelah Mauricio Leal menyentuh bola dan wasit menunjuk titik penalti.

Marlon Da Silva yang maju sebagai eksekutor akhirnya mampu menjebol gawang SFC setelah tendangan pertamanya masih bisa ditepis Teja Paku Alam.

Menit ke 71, SFC melakukan tekanan melalui Mariando yang memberikan bola ke Supardi di sisi kiri gawang Mitra Kukar kemudian melepaskan umpan lambung ke Beto, tapi sayang tendangan saltonya belum mampu menyamakan kedudukan.

Hanya berkelang satu menit Yohanis nabar yang menusuk melalui sisi kiri pertahanan Mitra Kukar yang mampu mengirimkan umpan ke Hilton, beruntung Gawang Gerri masih aman.

Mitra Kukar hampir saja menggandakan kedudukan setelah kper Teja Paku Alam salah mengantisipasi bola lambung, namun berkat kesigapannya, Marlon Da Silva gagal memanfaatkan peluang.

Menit ke-86 SFC mendapatkan peluang emas setelah Beto Goncalves memberikan umpan tarik dan mengecoh penjaga gawang, tapi sayang umpan yang dikirimnya tak mampu digapai pemain SFC.

Dengan kemenangan ini membuat Mitra Kukar naik ke peringkat enam menggeser Semen Padang dengan torehan 33 poin, sementara SFC masih bertahan di posisi empat dengan koleksi 37 poin. (AND)