PALEMBANG,HS – Pencairan Dana Desa untuk wilayah sumsel akan dicairkan bulan depan hal ini diungkapkan Kepala Kanwil DJPN Sumsel, Sudarso saat dihubungi melalui pesan singkatnya, jumat (17/3).

“Ya, bulan april dana desa akan dicairkan,” ujarnya

Dia juga menerangkan, pencairan dana desa tahun ini sedikit berbeda ditahun sebelumnya, dimana di tahun 2016 lalu pencairan dana desa langsung dari pusat sedangkan di tahun 2017 ini pencairan dana melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sumsel.

“Ya, Karena kami masih menunggu petikan Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) dari pusat,” terangnya.

Dia juga menambahkan, Untuk angka dana desa sendiri sampai saat ini belum ada penambahan maupun pengurangan dari ketetapan pada awal tahun dimana dana desa sebesar Rp 2,26 triliun. Dana desa tersebut mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2016 yang lalu.

“Dana ini meningkat sekitar 27 persen dari tahun sebelumnya Rp 1,773 triliun,” tegasnya
Sebelumnya, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Sumsel, Yusnin sempat mengatakan untuk dana desa tahun 2017 ini mengalami peningkatan sebesar Rp 2,67 triliun dan akan dicairkan pada bulan Maret atau April untuk tahap pertama, sedangkan untuk tahap kedua pada bulan Juli dan Agustus mendatang.
“Sistem pencairannya untuk tahap pertama 60 persen sedangkan untuk tahap kedua 40 persen, untuk pencairannya itu tidak ada perlakuan khusus, meskipun desa yang terkena bencana,” jelasnya.

Lanjutnya, Untuk pencairan dana desa tahun 2017 tahap pertama ini tidak ada halangan dan kendala karena tidak disertakan dengan SPJ berbeda dengan pencairan tahap kedua yang harus disertakan SPJ. Untukdesa yang akan menerima danadesa yakni sebanyak 2849 desa di 14 kabupaten/kota dengan rata-rata dana desa yang didapatkan sekitar Rp 720 juta.

“Ya, dana ini kalau dianggap rata-rata. Tapi, pembagian danadesa ini tergantung dari kondisi sehingga yang dana desa tersebut yakni Kabupaten Lahat sedangkan yang terkecil Kota Prabumulih karena memang hanya memiliki 12 desa,” jelasnya (MDN)