PALEMBANG,HS – Gubernur Sumsel,  Herman Deru mengaku sangat bersyukur ditemukannya  cadangan gas baru di sumur Kaliberau Dalam 2X atau KBD2X, Blok Sakakemang di wilayah Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumsel. 
Ia menyebut penemuan migas tersebut merupakan berkah dari Allah SWT yang harus dikelola dengan baik agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 
Meski menjadi berkah tersendiri dengan keberadaan Migas,  namun Deru berharap Jangan sampai keberadaan Migas tersebut nantinya bernasib seperti Lumpur Lapindo di Sidoarjo. 
“Migas Sakakemang itu berkah dari Allah SWT yang harus dikelola dengan baik jangan kita sia-siakan,” katanya saat di Griya Agung Palembang,  Rabu (27/2/2019).
Menurutnya, pengelolaan migas Sakakemang harus dikelola dengan baik jangan sampai terus dieksploitasi sehingga merusak lingkungan sekitar seperti halnya kejadian pada Lumpur Lapindo. 
“Harus kita perhatikan juga faktor lingkungannya, jangan sampai seperti Lapindo.  Tetapi di kita potensi bisa dibilang tidak ada  mudah-mudahan kita bisa mengelolanya dengan baik,” harapnya
Ia mengakui, penemuan migas di Sakakemang tentunya juga akan memberikan dampak positif terhadap Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBD) Muba, Sumsel hingga APBN nasional.
Kendati demikian, Deru belum dapat merinci berapa keuntungan yang bakal dapat. Sebab, untuk pembagiannya itu dikelola dari pusat melalui rumusan-rumusan tersendiri.
“Migas ini kan kita menuggu dari pusat pembagiannya, tidak bisa bagi sendiri. Ada rumusnya berapa provinsi,  daerah penghasil,  tetangga negara.  Itu sudah ada rumusnya semua,” tutupnya