Foto: IST

PALEMBANG, HS – Perluasan penerimaan Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi pendorong naiknya angka penerima khususnya di daerah-daerah di Indonesia. Hal itupun terjadi di Kota Palembang.

Dimana, angka penerima program tersebut naik signifikan sebanyak 26.739. Dengan penambahan ini, total penerima PKH di metropolis mencapai 55.540 dari sebelumnya sebanyak 28.801.

Kepala seksi (Kasi) Jaminan Sosial dan Keluarga Dinas Sosial Kota Palembang, Merry Ari Syanti mengatakan, kenaikan angka PKH, karena memang ada instruksi dari presiden soal perluasan penerimaan PKH, yang mana secara nasional naik dari 6 juta menjadi 10 juta.

“Angka penerima PKH ini, merupakan data yang sudah di validasi dari tahun lalu, dan penyalurannya di tahun ini. Dan angkanya terjadi peningkatan akinat instruksi Presiden terkait perluasan penerima PKH,” ujarnya.

Untuk penyaluran dana, saat ini Dinas Sosial akan melaksanakan sesuai dengan aturan yang ada, yakni diberikan per triwulan, dengan besaran yang bersifat flat, yakni Rp1.890.000 untuk penerima PKH ibu hamil, menyusui dan ada anak sekolah. 

Penyaluran nya langsung ke rekening atau non tunai yang diberikan setiap triwulan, dimana pada triwulan pertama sekitar februari, triwulan dua di Mei dan triwulan tiga di Agustus dan triwulan 4 atau akhir di sekitar November.

“Sesuai dengan besaran penerimaan, maka setiap triwulan penerima PKH mendapatkan Rp500.000 dan khusus di triwulan 4 Rp390.000. Dan untuk penerima PKH lansia atau orang dengan disabilitas setiap triwulannya Rp500.000, karena khusus ini mendapatkan bantuan sosial sebesar Rp2.000.000,” terangnya.

Dengan angka penerima PKH tahun ini 55.540 dengan proyeksi penerima PKH rata – rata Rp1.890.000, maka total penyularan dana PKH tahun ini mencapai Rp1, 049 Miliar.