PALEMBANG,HS – Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 dilakukan pengamanan yang berlapis dan bakal sulit diretas para hacker.
Dengan sistem IT berlapis,  soal tes yang dibuat oleh consorsium se Indonesia itu diyakini sangat sulit ditembus. Soal tes CPNS sendiri jika bakal ditembus oleh oknum tak bertanggung jawab,  maka mereka bakal kesulitan untuk melihat apa soal yang diteskan.
Sebab, ketika hacker berhasil masuk yang akan muncul bukan soal melainkan tulisan sulit dimengerti seperti bahasa planet.
“Pengamanannya sangat berlapis, jadi dipastikan sulit untuk ditemubus oleh hacker. Ketika diretas muncul itu seperti tulisan planet,” ujar Kepala Bidang Informasi Kepegawaian Kanreg vii BKN Sumsel, M. Andri Hafif,  Selasa (9/10/2018).
Ia menjelaskan,  untuk soal tes cpns pihaknya pun tak memiliki akses untuk membuka.  Yang memiliki pasword soal tes CPNS hanya DKKP dan Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Bangsa (Menpan-RB) sehingga tes tersebut dijamin  akan transparansinya tanpa ada proses sogok-menyogok.
“Dipastikan tes akan transaparan dan bersih,  dipastikan murni kenapa?  Karena soalnya itu menggunakan sistem CAT jadi semua diproses melalui sistem komputerisasi,” tegasnya
Ia menyebut,  hasil tes CPNS 2018 bisa dilihat langsung oleh masyarakat umum. Karena setelah seseorang mengikuti tes CPNS hasi rangking tersebut bakal keluar dan dirangking langsung antar peserta tes.
“Setelah tes peserta akan tahapan  pasing grade,  jadi langsung ketahuan siapa yang lulus atau tidak. Masyarakat umum bisa menyaksikan langsung,” tutupnya