Tim Gegana Satbrimobda Polda Sumsel saat menjinakkan granat nanas yang masih aktif di Ogan Ilir.

Tim Gegana Satbrimobda Polda Sumsel saat menjinakkan granat nanas yang masih aktif di Ogan Ilir.

OI, HS – Sebuah granat jenis nanas yang diduga masih aktif ditemukan warga di dalam karung tertumpuk diantara barang rongsokan di Desa Tanjung Pering, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Jumat (23/9), sekitar pukul 08.00 WIB.

Granat dengan berat sekitar 7 ons ini ditemukan pertama kali oleh Yanto, seorang pengepul barang rongssokan saat memilah barang. Sadar barang yang ditemukan yakni granat, Yanto langsung melaporkan ke Mapolres OI.

Tim Gegana dari Satbrimobda Polda Sumsel datang ke lokasi langsung mengamankan granat tersebut.

Yanto saat ditemui mengatakan, pagi itu dirinya seperti biasa memilah barang rongsokan yang diterima dari pemulung. Sebuah karung yang berisi barang rongsokan dibukanya.

“Saat memilih, saya terkejut ada granat nanas. Karena saya tahu langsung diamankan di sebuah kotak,” ungkapnya.

Lantaran takut meledak, sambung Yanto, dirinya langsung menghubungi salah satu petugas Polres OI yang dikenalnya.

“Polisi datang langsung dikasih garis polisi,” ucapnya.

Kapolres OI, AKBP Arif Rifai membenarkan jika ada seorang warga melaporkan adanya temuan granat jenis nanas. “Kita langsung turun ke lokasi dan mengamankan area dengan diberi garis polisi. Kita langsung hubungi Tim Gegana Satbrimobda Polda Sumsel,” ujarnya.

Di lokasi terpantau, Tim Granat Satbrimobda Polda Sumsel langsung mengecek granat jenis nanas tersebut. Setelah itu, Tim Gegana langsung mengevakuasi granat nanas dan dibawa ke Polda Sumsel untuk diselidiki.

“Granat diduga masih aktif, kita langsung bawa ke Polda Sumsel untuk diselidiki,” singkat salah satu petugas Tim Gegana. (EL)