PALEMBANG,HS – Peningkatan pelayanan kepada pengguna jasa terus dilakukan oleh PT KAI (Persero) Divre III Palembang, menyambut masa angkutan lebaran Tahun 2019, mulai tanggal 27 Mei 2019, PT KAI Divre Ill Palembang mengganti rangkaian KA Limeks Sriwijaya dengan rangkaian baru kelas eksekutif dan kelas premium.
EVP Divre Ill Palembang, Mochamad Purnomisidi menjelaskan rangkaian baru KA Sriwijaya Relasi Kertapati – Tanjungkarang ini memiliki susunan 2 Kereta Eksekutif Stainless Steal (K1 SS), 7 kereta¬† Premium Stainless Steal (K3 premium SS). la menyebutkan kapasitas Satu rangkaian ini memiliki 580 tempat duduk dengan rincian 80 tempat duduk / kereta ekonomi premium dan ūüėĮ tempat duduk kereta eksekutif.
‚ÄúYa, ini untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa KA, ketika penumpang KA semakin merasa nyaman dengan moda transportasi yang digunakannya tentunya layanan transponasi KA akan menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian,” katanya
Selanjutnya, ia juga menjelaskan, penggantian rangkaian baru ini juga merupakan komitmen PT KAI Divre III dalam memberikan kereta api penumpang yang bagus bagi masyarakat Sumatera Selatan, dan penggantian rangkaian baru akan dilakukan secara bertahap. saat ini untuk KA Siwijaya relasi Kertapati – Tanjungkarang dan ke depan juga untuk KA Sindang Marga relasi Kertapati – Lubuk Linggau.
“Fasilitas Kelas Eksekutif dilengkapi dengan 6 TV masing masing 3 televisi ukuran besar di tiap – tiap ujung kereta dan 3 televisi ukuran sedang yang terletak di tengah kereta .
“Di tiap kursi penumpang, terdapat footrest dan meja lipat dengan fasilitas tatakan piring, gelas, dan gantungan atau hanger), terdapat juga lubang headset untuk kebutuhan hiburan berupa audio. Kursi memiliki desain yang baru, dengan corak biru putih dan sandaran punggung yang agak tinggi dan dilengkapi priority seat dan cukup empuk. Untuk fasilitas penerangan, dilengkapi dengan lampu utama, lampu baca tiap kursi, dan lampu untuk pexjalanan malam,” pungkasnya
Menurutnya, Fasilitas Kelas Premium dilengkapi dengan 6 TV yang terletak di tengah dan bagasi di kabin yang semula dari rangka besi diganti bagasi kabin layaknya kelas eksekutif serta AC yang dirombak menjadi tersentralisasi.
“Kursi memiliki konfigurasi 2-2 dan dilengkapi priority seat dengan desain yang baru sandaran punggung yang dapat disesuaikan dan cukup empuk. Untuk fasilitas penerangan, dilengkapi dengan lampu utama, lampu baca tiap kursi, dan lampu untuk perjalanan malam,” tutupnya
Untuk jadwal keberangkatan, KA Sriwijaya berangkat dari Stasiun Kenapati pukul 21.00 WIB dan tiba di Stasiun Tanjungkarang pukul 06.10 WIB. Sebaliknya dari Stasiun Tanjung Karang pukul 21.00 WIB dan tiba di stasiun akhir Kertapati pukul 06.10 WIB.