kepala-badan-kepegawaian-daerah-sumsel-drs-h-muzakir-mm

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel,Ir. Muzakir

PALEMBANG,HS – Agar Tidak Mengalami Kekosongan Sekda Sumsel pada 1 Desember nanti, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumsel  Muzakir. Akan Segera Menunjuk pelaksana Tugas (PLT) Sekda Sumsel.

Menurutnya , agar tidak mengalami kekosongan jabatan Sekda  Sumsel, maka pihaknya akan menunjuk Plt.

“Kan pak Mukti Sulaiman yang saat ini menjabat Sekda Provinsi Sumsel akan pensiun pada 1 Desember nanti, maka jabatan Sekda mengalami kekosongan. Agar tidak mengalami kekosongan maka akan ditunjuk Plt,” ujar muzakir diruang kerjanya senin (17/10).

Dia juga Menyampaikan. Ditunjuknya Plt Sekda Provinsi Sumsel bertujuan agar roda pemerintahan tetap berjalan. Serta Proses penunjukkan untuk jabatan Sekda ini kan cukup lama atau panjang makanya diperlukan Plt agar roda pemerintahan tetap berjalan,

Saat ditanya berapa lamakah untuk masa jabatan Plt tersebut. Mukti mengungkapkan masa jabatan Plt akan berakhir sampai telah ditunjuknya  atau telah dipilihnya Sekda definitif oleh Presiden RI.

“Untuk berapa bulannya kita tidak tahu sert untuk nama yang jelas sampai telah adanya sekda definiti yang telah ditunjuk oleh Presiden RI,” kata dia.

Dia juga menjelaskan, dari puluhan pejabat eselon II yang ada di Pemprov Sumsel terdapat 18 pejabat eselon II yang ada diruang lingkup Pemprov Sumsel) yang memiliki peluang untuk menjabat Sekda Provinsi Sumsel.

“Ke 18 pejabat eselon II yang berpeluang (Dishub Kominfo) Nasrun Umar, (Disdik) Drs Widodo,  (Disperindag) Ir Permana,  (Dishut) Sigit Wibowo, (Dinsos) Apriyadi, (PUBM) Syamsul Bahri, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Ahmad Rizali,  (Bandiklat) Muzni Wijaya, Kepala (BKD) Ir Muzakir, Kepala Bappeda Ekowati Retnoningsih, Kepala BP3MD Ruslan Bahri, Asisten I Ikhwanuddin, Asisten II Yohanes H Toruan, Asisten III Akhmad Najib, Asisten IV Joko Imam Santoso, Staf Ahli Ana, Staf Ahli Farhat Sukri, Staf Ahli Surya,” jelasnya

Dia menambahkan, untuk menjabat sekda ini harus sudah golongan 4D. Selain golongan 4D juga harus minimal dua kali Jabatan eselon II, Harus menjabat Jabatan Eselon II dan minimal dua tahun sebelum pensiun. Itu tadi syarat mutlaknya, nah untuk syarat lainnya yaitu mengikuti tes (assesment) yang akan didalami oleh orang ahli seperti BKN, BPKP, LAN, IPDN seperti tes kompetensi dan tes wawancara.(MDN)