Suasana Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Keamanan, Ketentraman, Ketertiban Masyarakat (Kantratibmas) dan Pecegahan Tindak Kriminal, yang digelar di aula Hotel Alam Indah Jaya (Hotel Aceng) Tebingtinggi, Kamis (18/5).

EMPATLAWANG, HS – Peraturan Perundang-undangan tentang Keamanan, Ketentraman, Ketertiban Masyarakat (Kantratibmas) dan Pecegahan Tindak Kriminal, disosialisasikan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) Kabupaten Empatlawang, Kamis (18/5).

Kegiatan sosialisasi yang digelar di aula Hotel Alam Indah Jaya (Hotel Aceng), Tebingtinggi ini, dihadiri perangkat desa dan kelurahan dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Empatlawang sebagai peserta, dengan Narasumber dari Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, Polres Empatlawang dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Empatlawang.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Nurjana Spd mengatakan, maksud dari pelaksanaan kegiatan adalah untuk memberikan pencerahan tentang pelaksanaan Undang-undang tentang Kantratibmas dan pencegahan tindak kriminal yang terjadi di lingkungan masyarakat.

“Tujuan, meningkatkan pemahaman dan kesadaran aparatur sipil negara dan masyarakat dalam menjaga kondisi keamanan di Kabupaten Empatlawang,” katanya.

Selain itu, tujuan dilaksanakan kegiatan sosialisasi ini, menurut Nurjana, juga agar ada peningkatan pengetahuan aparatur sipil negara dan masyarakat, terhadap Peraturan Perundang-undangan tentang Kantratibmas dan Pecegahan Tindak Kriminal, agar tercipta kondisi keamanan di tengah masyarakat.

“Peserta kegiatan dari Ketua RW/RT, perangkat desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Tebingtinggi. Untuk saat ini, kami ambil pesertanya dari Kecamatan Tebingtinggi, dahulu. Baru kedepannya akan kami ambil dari kecamatan-kecamatan yang lain,” urainya.

Sementara, Kepala Badan Keabangpol Kabupaten Empatlawang, M Taufik menyampaikan, menyingkapi terjadinya tindakan kriminal yang sering terjadinya pada akhir-akhir ini di Kabupaten Empatlawang, seperti tindakan Curas, Curas dan Curanmor serta tindakan kriminal lainnya.

Karenanya dibutuhkan pemahaman bagi masyarakat di kabupaten ini, dalam menangkal tindakan kriminal tersebut.

“Para peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Selanjutnya saya berharap kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, dalam mendukung terciptanya Kantratibmas,” pungkasnya. (ELW)