Bupati PALI, Heri Amalindo melakukan lemparan dalam jump ball di pertandingan pembuka.

Bupati PALI, Heri Amalindo melakukan lemparan dalam jump-ball di pertandingan pembuka.

PALI, HS – Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Senin (3/10) menggelar turnamen Moreta Basketball U-18.

Even yang dipusatkan di Gedung Olahraga dan Keseharan (Orkes) Pendopo ini bertujuan untuk menjaring atlet basket di Bumi Serepat Serasan dalam menghadapi kejuaraan level yang lebih tinggi.

Sebanyak 28 tim basket yang terdiri atas 12 tim putri dan 16 tim putra mengikuti turnamen tersebut.

Sebelum membuka turnamen secara resmi, Bupati PALI, Ir H Heri Amalindo MM, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Kabupaten PALI dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta yang didominasi oleh para pelajar ini untuk tetap menjunjung tinggi sportifitas dalam bermain.

“Meski ini hanya tingkat kabupaten, saya harap para peserta tetap bermain sportif dan mengikuti aturan yang ada. Ini merupakan langkah awal untuk mencapai menjadi pemain yang baik dikancah nasional dan bahkan internasional,” ujar Heri.

Heri juga berjanji akan menambah hadiah yang sudah disediakan panitia sebagai penambah semangat bagi peserta.

“Ini sebagai penambah semangat kalian (peserta, red), dan ini juga sebagai wadah pengasah kemampuan yang dimiliki untuk menjunjung prestasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Perbasi Kabupaten PALI, Devi Harianto SH MH, mengatakan bahwa Moreta Basketball U-18 ini, adalah ajang silahturahmi antar atlet basket se-Kabupaten PALI, dan ajang penjaringan para atlet untuk ajang yang lebih tinggi lagi.

“Moreta itu sama artinya dengan ajang silahturahmi. Disini kita silahturahmi antar atlet basket se-Kabupaten PALI, sekaligus mencari bibit yang terbaik untuk membawa nama PALI kedepannya,” ujar Wakil I DPRD PALI ini.

Devi juga berjanji, kegiatan olahraga ini juga akan menjadi agenda rutin untuk organisasi basket di PALI.

“Ini olahraga yang menyatukan kekuatan fisik dan otak, sangat membantu untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka akan terus kita adakan untuk meningkatkan kualitas atlet kita,” tutup Devi. (MAN)