Palembang,Haluansumatera.comSekolah Menengah Pertama Negeri 10 Palembang yang beralamat di Jalan Rudus 45B, 20 Ilir DII, Kemuning, Palembang terkenal unggul karena Imam dan Taqwanya (Imtaq) ini peringati hari pendidikan nasional dengan cara khataman Al Quran dan sekaligus menyambut Ramadam yang sebentar lagi akan datang.

Kegiatan ini pun disambut baik oleh Dinas Pendidikan Palembang yang dalam hal ini Kepala Bidang SMP, Herman Wijaya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif.

“Peringati Hardiknas itu bisa dengan banyak cara salah satunya seperti di SMPN 10 ini, anak-anak diajak khataman Al Quran, dan juga tadi ada wisuda tahfidz angkatan III kategori 1 juz hingga 5 juz,” katanya setelah kegiatan selesai, Kamis (2/5/2019).

Dia juga mengatakan SMPN 10 ini memang merupakan sekolah yang memamg unggul dibidang Imtaqnya, pada jam ke nol siswa diajak mengaji.

“Selain itu di sini juga ada salat dhuha berjamaah, kemudian ada salat zuhur berjamaah juga. Jadi mencari ilmu itu tidak hanya tentang pengetahuan saja namun ilmu agama juga jalan dan cari,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala SMPN 10 Palembang Tony Sidabutar mengatakan kegiatan yang diberi nama One Day Five Juz dan wisuda tahfidz angkatan III kategori 1 juz hingga 5 juz ini juga dalam rangka memperingati Hari pendidikan nasional (Hardiknas) dan menyambut bulan suci Ramadan 1440 H.

Dikatakannya, ada sebanyak 68 siswa yang mengikuti wisuda tahfidz ini, antara lain untuk juz 5 ada 5 siswa, juz 4 ada 4 siswa dan sisanya ada yang juz 1-3.

“Jadi kami rangkum kegiatan ini bertepatan dengan Hardiknas, mengacu kepada UU No 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan tentang tujuan pendidikan nasional,” katanya.

“Sebenarnya kami tiap tahun mendekati bulan suci Ramadan mengadakan kegiatan seperti ini berhubung kegiatannya juga pas dengan Hardiknas maka kami manfaatkan momentumnya berbarengan pula dengan perpisahan guru purna bhakti SMPN 10 Palembang. Jadi kegiatan ini lebih dari kegiatan upacara,” katanya.

Dia berharap kegiatan ini dapat mengembangkan potensi peserta didik agar lebih mencintai Al Quran, berakhlak mulia, berkepribadian sehat,berilmu cakap, kreatif, mandiri dan tanggung jawab, karena ilmu dunia dan ilmu akhirat harus sama-sama dijalankan,” pungkasnya(HSB)