Persipura Jayapura mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor tipis 1-0.

Persipura Jayapura mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor tipis 1-0.

JAYAPURA, HS – Bertanding di Stadion Mandala, Jayapura, Persipura sukses mengalahkan tamunya Sriwijaya FC dalam lanjutan Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016, dengan skor tipis 1-0. Satu-satunya gol tim Mutiara Hitam dicetak oleh Edwar Wilson Junior.

Kemenangan ini membawa Persipura ke posisi dua klasemen dengan 49 poin, sama dengan poin yang dikumpulkan oleh Arema Cronus dan Madura United, namun selisih gol Persipura lebih baik dari Madura United. Sedangkan Sriwijaya saat ini berada di posisi 5 klasemen sementara dengan raihan 43 poin.

Sejak babak pertama, Persipura Jayapura tampil menyerang dan menekan pertahanan Sriwijaya. Namun demikian, pertahanan yang digalang barisan pemain belakang Sriwijaya mampu meredam serangan dari Persipura. SFC pun mampu membalas serangan dari tim tuan rumah.

Pada menit 14, Persipura memperoleh tendangan bebas. Ricardo Silva yang menendang bola ke arah pojok atas gawang. Tendangan kerasnya gagal diantisipasi oleh Teja Paku Alam, tetapi bola masih membentur mistar gawang.

Selanjutnya, giliran Sriwijaya yang mendapat peluang lewat Hilton Moreira. Sama seperti Ricardo, sepakan kerasnya juga membentur tiang gawang. Selamatlah gawang Persipura yang dijaga kiper Yoo Jae Hoon.

Beberapa kali lini belakang Sriwijaya FC harus keteteran menghadapi serangan Persipura. Teja Paku Alam juga kerja keras pada pertandingan kali ini. Ia harus menepis tendangan keras dari Ricardo yang dilepaskan dari jarak jauh.

Hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama, belum ada gol yang mampu diciptakan oleh kedua tim ini.

Di babak kedua, Persipura tak berniat menurunkan tempo permainan. Hasilnya, lima menit babak kedua berlangsung, sebuah umpan crossing Yustinus Pae berhasil disambut Yohannes Pahabol dengan tendangan yang masih membentur tiang gawang.

Selanjutnya, giliran Lukas Mandowen yang melepaskan tembakan dari jarak jauh yang masih dapat ditangkap oleh Teja Paku Alam. Tak lama berselang, Lukas Mandowen ditarik keluar dan digantikan oleh Edward Wilson Junior.

Strategi pergantian ini berbuah hasil, di menit 81. Ruben Sanadi mengirim umpan yang mampu dikontrol Edward Wilson. Kemudian, penyerang Persipura ini berhasil memperdaya Achmad Jufriyanto dan menendang bola ke gawang SFC.

Teja Paku Alam pun gagal menghalau bola. Gol, Edwar Wilson mencatatkan namanya di papan skor. Persipura unggul 1-0.

Tertinggal satu gol, Pelatih SFC, Widodo C Putro coba merubah strategi dengan memasukkan Airlangga Sucipto untuk menggantikan Hafit Ibrahim. Namun hingga pertandingan berakhir, skor tetap tak berubah. (MIM/AND)

Susunan Pemain

Persipura: Yoo Jae Hoon; Yustinus Pae, Yohanis Tjoe, Ricardo Salampessy, Ruben Sanadi; Ian Kabes, Ricardo Silva (81′ Izaac Wanggai), Nelson Alom; Lukas Mandowen (64′ Edward Wilson), Yohanes Pahabol, Osvaldo Haay (70′ Ricky Kayame).

Sriwijaya: Teja Paku Alam; Supardi, Achmad Jufriyanto, Ngurah Nanak, Wildansyah (46′ Zalnando); Hafit Ibrahim (85′ Airlangga Sucipto), Yoo Hyun-koo; Muhammad Ridwan, Mariando Uropmabin (71′ Firman Utina), Yohanis Nabar; Hilton Moreira.