PALEMBANG,HS – Intanlasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) On-Grid dengan kapasitas 9000 WP (Watt-Peak) diresmikan oleh Direktur Pengolahan Pertamina, Toharso di Gedung Perkantoran RU III, Rabu (22/3).

Peresmian t operasi PLTS ini ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Direktur Pengolahan Pertamina Toharso didampingi Manager Process Technology Joko Widi Wijayanto, General Manager RU III Eman Salman Arief dan manajemen RU III.

“Untuk tahap awal, PLTS digunakan untuk memenuhi kebutuhan Gedung Perkantoran GM. Hasil uji coba dalam beberapa minggu ini, listrik yang disalurkan mampu menghemat energi sebesar 34,5%, per hari,” ujarnya

Ia juga mengatakan PLTS tersebut sebagai bagian dari pengembangan dan pemanfaatan energi baru terbarukan. Disamping PLTS yang baru diresmikan, saat ini RU III telah mengoperasikan 28 unit PLTS Off-Grid System, yakni menggunakan baterai untuk listrik penerangan jalan yang terpasang di jalan umum komplek perumahan dan perkantoran RU III.

“Ya, Penambahan operasi PLTS ini adalah bentuk dukungan kami terhadap  penggunaan green energy atau energi bersih dan ramah lingkungan di Pertamina. Dengan penggunaan energi terbarukan yang memanfaatkan sinar matahari, PLTS ini juga berkontribusi dalam mengurangi emisi CO2 dan efek rumah kaca atau pemanasan global,” jelasnya

Ia juga menambahkan, untuk mengoptimalkan penyerapan energi matahari, PLTS ini menggunakan Solar Tracking System dan On-Grid yang  mampu meningkatkan kinerja serta efisiensi PLTS sekitar 10%- 30%.Ke depan, Pertamina akan menambah instalasi dan kapasitas PLTS untuk dapat dipergunakan di seluruh area perkantoran dan perumahan RU III.

Dia juga mengatakan, Selain pemanfaatan tenaga surya Pertamina sebagai produsen energi panas bumi nasional juga telah mengembangkan dan mengoperasikan energi angin serta energi mikro hidro.(MDN)