PALEMBANG,HS – Masyarakat Batak yang berada di Provinsi Sumsel merayakan Pesta Bona Taon. Sesuai namanya “Bona Taon “ atau pangkal/awal Tahun, pesta ini biasanya digelar pada tiga bulan pertama setiap tahun  baru.

Diawal Tahun Baru 2018 masyarakat Batak yang berdomisili di tanah rantau selalu merayakan secara bersama- sama dan digelar berdasarkan keturunan (pomparan) marga, baik di Indonesia maupun orang Batak yang berdomisi di luar negeri.

Ketua Panitia sekaligus Penyelenggara Pesta Bona Taon Marga Lumban Gaol di Gedung Serbaguna GKPI Kenten Depan Sekolah SMA Kumbang Palembang, Dale Manonson  Lumbangaol mengatakan Pesta Bona Taon yang diselenggarakan hari ini dihadiri seluruh Marga Lumban Gaol bersama keluarga dan borunya yang berdomisili di Palembang dan sekitarnya. Sekitar  500 jiwa ikut dalam kegiatan tersebut.

“Kami merasa terlindungi, merasa  aman dan nyaman melaksanakan kegiatan pesta Bona Taon ini,  mengingat kami merupakan warga Batak bermarga Lumban Gaol yang merupakan suku batak minoritas yang tinggal di kota Palembang Sumsel,” kata  Dale, Sabtu (10/22/2017).

Ini semua dirasakan, lanjut Dale karena Gubernur Sumsel H Alex Noerdin  mampu bekerjasama dengan semua pihak, baik kepolisan, TNI dan tokoh Adat/Agama , sehingga Sumsel merupakan daerah yang berhasil secara nyata mewujudkan “Zero Konflik”.

“Kami apresiasi sekali kebijakan beliau, sebab kami sangat merasakan sebagai  warga Batak  yang merantau di Sumsel bebas merayakan kegiatan budaya pesta adat Batak di Sumsel ini dan kami mendukung penuh kegiatan pesta demokrasi Pilkada dan pesta Asian Games yang dilaksamakam Pada Tahun 2018 ini , kami Marga Lumban Gaol se kota Palembang siap berpartispisi dan menjaga suksesnya penyelenggaraan,” ujarnya

Sementara itu Ketua DPD Forum Bangso Batak Indonesia (FBBI) Sumsel,  Jimmy David Lumban Gaol menyatakan keluarga besar marga lumban gaol mendukung penuh Prgram Zero Konflik dan Asian Games di kota Palembang dimana orang nomor satu telah sukses membangun provinsi Sumsel menjadi kota destinasi pariwisata serta kota olahraga dunia yang mana akan menjadi triger bagi generasi penerus agar lebih berprestasi dibidang pendidikan,olahraga maupun pariwisata dan budaya.

“Dan untuk suksesnya Pilakada Serentak 2018 di Sumsel, Kami mengajak kiranya Estapet kepemimpinan kedepan wajib mempertahankan serta meningkatkan prestasi- prestasi beliau dan memilih calon pemimpin yang mampu  seperti yang telah dilakukan oleh Alex Noerdin,” jelasnya