PALEMBANG,HS – Lantunan musik melayu dan ratusan siswa juga memenuhi halaman utama SMA Negeri 3 Palembang Suasanan tampak begitu hingar bingar. Sejumlah siswa yang berasal dari SMA/SMK/MA di Sumatera Selatan sedang unjuk kebolehan masing-masing dalam ajang Penta Seni SMA Negeri 3 Palembang (PESTA).

Uniknya semua pentas yang disajikan mengangkat kesenian daerah atau kebiasaan-kebiasaan yang ada di daerah, seperti yang terlihat pada tari kreasi yang dipersemnbahkan oleh siswa SMA Negeri 4 Palembang yang mengangkat tentang mitos tumbuhan paku yang biasa menganggu tanaman lainnya yang diaplikasikan dalam sebuah tarian berpasangan.

Berdasarkan panatauan di lapangan halaman sekolah menjadi panggung pensi siswa, mulai dari penampilan seni musik, tari, hingga drama ikut memeriahkan kegiatan. Seru tepuk tangan dan sorakan pun semakin terdengar dari para siswa yang menonton pensi tersebut, tak terkecuali para wali siswa yang turut dihadirkan.

Ketua Pensi SMA Negeri 3 Palembang, Alvina Zada mengatakan, kegiatan pentas seni siswa ditujukan sebagai ajang penampilan kreatifitas seni siswa. Ada 38 sekolah ikut serta dalam kegiatan ini.

“Ada beberapa perlombaan dalam pensi ini mulai dari tari kreasi, band akustik, paduan suara dan teater. Bagi pemenangnya nanti akan mendapatkan uang pembinaan mulai dari Rp 500 hingga Rp 1 juta untuk juara pertama. Selain itu mereka juga akan mendapatkan piagam penghargaan dan tropi,” ujarnya

Pihaknya juga mengharapakan kegiatan ini bisa lebih mengeratkan rasa kebersama antar mereka, dan mereka bisa jadi terpacu untuk menampilkan kemampuan seni kedepannya. Selain itu, dengan pensi ini pula kita jadikan sarana pendidikan keluarga bagi siswa disekolah dalam mengembangkan kreatifitas dan bakat anak,”pungkasnya(HSN).
.

.