adipura muba

Haluan Muba – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) berhasil meraih Piala Adipura sebanyak sepuluh kali. Kabupaten Muba secara berturut berhasil memboyong Piala Adipura dari tahun 2005 hingga 2014. Meski sempat absen Piala Adipura di tahun 2015, namun kembali di tahun 2016, Muba meraih Piala Adipura untuk Kategori Kota Kecil Layak Huni atau disebut Piala Adipura Buana.

Setelah tiba di Sekayu, Piala Adipura Buana tersebut diarak keliling dengan rute Rumah Dinas Bupati Muba melewati Polres Muba ke Tugu Adipura Sekayu kembali ke Rumah Dinas Bupati Muba hingga ke Stable Berkuda Sekayu yang didampingi oleh belasan Kuyung Kupek Muba.

Bupati Muba Beni Hernedi mengatakan, mendapatkan adipura bukanlah suatu hal yang mudah karena melewati berbagai tahapan penilaian dan proses evaluasi secara kompetitif di tingkat nasional yang berdasarkan pada penilaian indikator fisik dan non fisik.

“Bertepatan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Se-dunia tahun 2016 saya mengajak pada seluruh pihak untuk terus berupaya bekerja keras mengatasi masalah yang timbul di Indonesia. Pemkab Muba memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya pada semua pihak yang mendukung dalam meraih Piala Adipura ke 11 di tahun 2016 ini,” ujarnya, Rabu (03/08/2016).

Beni mengatakan, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini terdapat 5 kategori Adipura yang salah satunya Adipura Buana dimana Kota Sekayu dinilai mampu menggabungkan sosial dan lingkungan hidup sebagai kota layak huni.

“Mendapatkan Piala Adipura bukanlah hal yang mudah, mari kita jaga lingkungan dan hutan karena semua itu merupakan titipan Tuhan YME,”tutupnya.

Atas keberhasilan ini, Pemkab Muba memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menciptakan kelestarian dan kebersihan lingkungan di Kota Sekayu, terkhusus kepada petugas kebersihan yang dengan ikhlas bekerja keras memelihara dan menjaga lingkungan agar tetap bersih, sehat dan asri. Tahun depan, honor para petugas kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemeliharaan Lampu Jalan (DKPPLJ) di Muba akan dinaikkan.

Sementara Plt Sekda, Rusli SP MM, mengatakan Pemkab Muba berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dan berupaya keras agar tidak lagi kebakaran hutan. “Perlu diingat, tahun 2015 kita absen meraih Piala Adipura dikarenakan Muba banyak terjadi kebakaran dan ditutupi oleh asap oleh karena itu diserukan pada dinas-dinas terkait agar terus dan tetap menjalankan tupoksinya masing-masing,” ungkapnya. (Eddy)