Ilustrasi.

Ilustrasi.

PALI, HS – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya akan digelar serentak di 20 desa yang ada di Bumi Serepat Serasan pada Desember tahun ini, kemungkinan ditunda.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten PALI melalui Kabid Administrasi Pemerintahan Desa, Jerry Ariansyah mengatakan kemungkinan ditundanya Pilkades serentak karena ada beberapa poin dalam isi Perda mengalami perubahan.

Namun dijelaskan Jerry, bahwa tahapan Pilkades serentak tetap akan dilaksanakan pada tahun ini, hanya pelaksanaanya saja di tahun depan.

“Kita usahakan tahun ini bisa digelar, namun saya prediksi kemungkinannya ditunda. Sebab waktunya terlalu mepet, karena sekarang saja Perda masih ada yang harus diperbaiki. Kalau Perbup sudah siap, menunggu Perda ditandatangani Gubernur,” ungkapnya, Selasa (8/11).

Meskipun akan ditunda, sambung Jerry, tahapan Pilkades tetap bakal dilaksanakan tahun ini.

“Sekarang terus dikebut menyelesaikan Perda dan kita terus berkoordinasi dengan pak Bupati dan Dewan. Tahapan Pilkades tetap kita laksanakan tahun ini, seperti pembentukan panitia, pendataan jumlah mata pilih serta verifikasi calon kepala desa,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa, apabila semuanya sudah siap, pihaknya akan langsung mensosialisasikan Pilkades serentak serta langsung membentuk panitia untuk segera melaksanakan tahapan Pilkades.

“Kita juga berusaha maksimal agar Pilkades serentak bisa terlaksana di Desember mendatang. Tapi apabila memang tidak memungkinkan, terpaksa ditunda tahun 2017. Masalah dana tidak ada kendala, tinggal Perda ditandatangani Gubernur, Perbup keluar dan langsung pelaksanaannya,” tukasnya

Sementara itu, Suharto salah satu bakal calon kepala desa di Kecamatan Abab mengatakan bahwa kalau memang belum siap lebih baik ditunda.

“Daripada memaksakan lebih baik ditunda, sebab Pilkades tidak bisa dilaksanakan asal-asalan karena sangat rentan. Saya tidak persoalkan masalah Pilkades akan ditunda, hanya saja kalau bisa jangan terlalu lama pelaksanaannya,” harapnya. (MAN)