PALEMBANG,HS – Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, resmi menjadi ketua persatuan penembak Indonesia (Perbakin) Sumsel, dan HD akan membangun lapangan berburu di Sumsel.
Hal tersebut berawal dari statement yang dilontarkan Ketua Umum PB Perbakin Pusat, Letjen TNI Joni Supriyanto, saat melantik Pengurus Perbakin Sumsel di Griya Agung.
“Kita ini punya lahan luas sekali, tapi tidak memiliki tempat berburu. Saya punya ide untuk membangun areal berburu di Sumsel,” katanya
Untuk menindaklanjuti keinginan tersebut, HD berencana akan coba menjajaki kerjasama terlebih dahulu dengan Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) TNI yang berlokasi di Baturaja, OKU. Dimana, di lokasi ini terdapat 43.000 hektare lahan yang dimiliki Puslatpur.
“Lokasi ini sangat memadai untuk dijadikan lokasi berburu sembari kita menjaga pepohonan dan ekosistem disana. Dengan demikian margasatwanya juga dapat terjaga dari pemburu liar,” pungkasnya
Selain dengan Puslatpur TNI, HD juga berencana untuk menjajaki kerjasama dengan Kementerian Kehutanan. Pasalnya, di Sumsel tepatnya di Kabupaten Banyuasin terdapat Taman Nasional Sembilang dan Taman Nasional Kelinci Seblat (TNKS) yang memang sangat memungkinkan untuk dijadikan areal berburu.