ddINDRALAYA,HS – Plt Bupati OI), HM. Ilyas Panji Alam menyatakkan Kepala Puskesmas, bidan, dan tenaga kesehatan harus giat melayani kesehatan masyarakat. Puskesmas merupakan garda depan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut diungkapkannya pada acara Hari Kesehatan Nasional ke 52 tahun 2016 di Halaman Pemkab OI Tanjung Senai, Indralaya Rabu (16/11)

“Ya, seluruh tenaga media adalah garda terdepan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat. Untuk itu, harus memberikan pelayanan ang baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Ilyas Panji Alam juga membacakan sambutan dari Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek, yanki sesuai dengan tema Hari Kesehatan Nasional Tahun 2016, ‘Indonesia Cinta Sehat’ masyarakat hidup sehat untuk menjadikan indonesia kuat.

“Untuk itu sehat harus dijaga, bergaya hidup sehat, menjaga kesehatan, dengan demikian akan terbangun kemandirian, derajat, yang pada akhirnya tercapai manusia yang kuat,” bebernya.

Lanjutnya, program Indonesia sehat dengan mewujudnya dalam keluarga dengan 12 indikator, antara lain keluarga mengikuti program sehat, mendapat pelayanan persalinan, pemberian ASI secara ekslusif, para penderita paru mendapatkan pengobatan secara gratis,keluraga tidak merokok, penderita gangguan jiwa tidak ditelantarkan, mendapat akses air bersih.

“Pada tahun 2019 seluruh puskesmas di Indonesia sudah mencapai target yakni 9601 puskesmas di Indonesia sudah berhasil mewujudkan Indonesia sehat. Saya ingatkan masyarakat untuk mewujudkan‎ hidup sehat dengan cara aktifitas fisik, tinggalkan merokok, jauhi alkohol dan konsumsilah sayuran,bersama sukseskan gerakan hidup sehat,” pungkasnya. (el)