PALEMBANG,HS – Plt Sekretaris Daerah Sumatera Selatan Melantik lll Pejabat Eselon lV Dinas PUBM Dan Tata Ruang Pemprov Sumsel Diruangngan Sekda Sumsel Selasa (7/3),

Pejabat yang dilantik yakni Andri Wahyudi, S.T sebagai Kepala seksi pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang pada bidang penataan ruang, Faustino DO Carmo, S.T sebagai Kepala seksi perencanaan tata ruang pada bidang penataan ruang dan Ir. Agustiono, M.M sebagai Kepala seksi data dan informasi penataan ruang.

Menurut Plt Sekda Sumsel H Joko Imam Sentosa menyampaiakan,
Pihaknya berharap pejabat yang baru dilantik mampu dan terpanggil untuk bersinergi penuh dan bekerjasama mengemban amanah yang telah ditugaskan.

Dia juga mengatakan, Dinas PU Bina Marga adalah Dinas PU yang paling strategis dari tiga Dinas PU karena poros pekerjaan umum itu ada di Bina Marga. Apalagi ditambah dengan kelola tata ruang yang hampir semua berkaitan dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sebab tata kelola ruang menyangkut aspek-aspek seperti lingkungan, demografi, topografi, dan biografi.

“Sebelumnya ketiganya tugas di Bappeda (Badan perencanaan pembangunan daerah) dan sekarang sudah resmi mengemban tugas pokok dan fungsi dari PU Bina Marga dan Tata ruang. Selama ini tiga PU meliputi perairan, cipta karya dan bina marga lebih kental dengan kegiatan-kegiatan di lapangan yang sifatnya proyek-proyek pekerjaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PU BM dan Tata Ruang Provinsi Sumsel Ucok Hidayat mengatakan, tata ruang ini bukan hanya pengerjaan fisik yang menyangkut demografi, topografi juga menangani keseluruhan seperti lingkungan hidup dan juga hal-hal yang berhubungan dengan kemasyarakatan. Peta kependudukan.

“Ya, Ini tugas berat bagi kami karena itu kami membutuhkan orang-orang yang layak, orang-orang yang sudah biasa (menangani),” katanya

Dia juga menambahkan, Tata ruang di Sumsel semuanya prioritas, bukan hanya di satu tempat saja karna Sumsel masuk dalam tata ruang wilayah Republik Indonesia artinya secara menyeluruh tata ruang wilayah termasuk dalam tata ruang nasional.

“Ya, Jadi kita bagian dari itu, jadi kita Sinergikan dengan apa yang dimau dari pusat, mana untuk pertanian, perkebunan, perkampungan, daerah-daerah wisata, daerah usaha, jasa itu yang kita Sinergikan semua. Jadi kita tidak dikhususkan di daerah ini dan itu,” bebernya.

Dia menambahkan, memang ada daerah kawasan ekonomi khusus yang tata ruangnya memang sudah dipersiapkan oleh Dinas PU BM dan Tata Ruang.(MDN)