Setetes darah yang kita donorkan sangat berarti bagi yang membutuhkan

Setetes darah yang kita donorkan sangat berarti bagi yang membutuhkan

PALEMBANG, HS- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palembang mengelar donor darah di Kantor Camat Ilir Barat II dengan peserta dari enam kelurahan dan instansi terkait yang berada di wilayah Kecamatan Ilir Barat II, beberapa waktu lalu.

Camat Ilir Barat II, A. Halim Machmud, SE, MM, melalui Sekretaris Camat Ilir Barat II, Eli Yanti mengatakan donor darah yang digelar di Kantor Camat Ilir Barat II, hasil kerja sama antara PMI Kota Palembang dengan Kecamatan.

“Sebanyak 80 warga yang sudah tercatat untuk mendonorkan darahnya. Kemungkinan jumlah ini akan bertambah. Untuk peserta yang akan ikut itu berasal dari warga, ketua RT dan RW di enam wilayah Kecamatan Ilir Barat II. Ditambah dengan dinas lintas sektoral yang berada di daerah Kecamatan Ilir Barat II ini juga akan mendonorkan darahnya, kapolsek, babinsa, puskesmas Makrayu, unit pelaksana teknis dinas pendidikan, pemuda, dan olahraga Kecamatan Ilir Barat II,” jelasnya.

Tampak petugas PMI sedang mengambil darah dari pendonor

Tampak petugas PMI sedang mengambil darah dari pendonor

Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia Kota Palembang, Serli kepada HALUAN SUMATERA mengatakan, program donor darah yang di adakan di kecamatan ini adalah program tiga bulanan dari PMI Kota Palembang.

“Donor darah yang diadakan tiap kecamatan di Kota Palembang ini merupakan program tiga bulanan satu kali. Untuk bulan ini saja kita sudah melaksanakan donor darah di beberapa kecamatan. Untuk darah yang terkontaminasi penyakit, seperti darah yang ada bibit penyakitnya seperti penyakit HIV/AIDS, narkoba dan jenis penyakit berbahaya lainnya itu kita musnakan. Karena untuk pendonoran darah yang akan diberikan kepada orang lain, darah itu harus bersih dari segala penyakit dan darah tersebut harus sehat,” ia menyampaikan.

Ketua Karang Taruna Ilir Barat II, Kms. Herndrawan, mengatakan, Karang Taruna Kecamatan juga turut berpartisipasi dengan mengirimkan 18 anggota Karang Taruna guna mendonorkan darahnya.

“Kita dari Karang Taruna ini sangat mendorong kegiatan yang ada di Kecamatan ILir Barat II. Hari ini juga kita mengirimkan anggota kita untuk mendonorkan darahnya di sini dan membantu kelancaran donor darah yang di adakan di Kantor Camat Ilir Barat II ini,” katanya.

Pujo Santoso, warga Kelurahan 30 Ilir, Kecamatan ILir Barat II yang mendonorkan darahnya berujar, untuk setiap tetes darah yang disumbangkan itu sangat perlu bagi yang membutuhkannya. (UDI)