Salah satu pelaku pungli angkutan batubara di Muaraenim yang diamankan polisi.

MUARAENIM, HS – Pungli masih saja tetap merajalela meskipun himbauan dari penegak hukum di negeri ini telah seringkali dilakukan dan pelaku pengli sudah dijebloskan ke balik jeruji.

Seperti Minggu (25/3) ini,  Polres Muaraenim kembali membekuk pelaku yang biasa melakukan pungli  di sepanjang Jalan Lintas Prabumulih – Muaraenim.

Pelaku diamankan tepatnya di jalan raya di Desa Niru, Kecamatan Rambang Dangku, Kabupaten Muaraenim dengan cara anggota opsnal melakukan undercover sebagai kernet sopir mobil angkutan batubara.

Kapolres Muaraenim, AKBP Leo Andi Gunawan SIK MPP melalui Kabag Humas, AKP Arsyad AR membenarkan penangkapan tersebut. ‪”Kita sudah mengamankan para pelaku, dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan lebih dalam,” ujar AKP Arsyad.

‬‬‪Saat dilakukan penyelidikan di TKP, para pelaku berbagi peran. Pada saat mobil angkutan batubara melintasi jalan, 2 orang pelaku, yakni Riki (25) dan Deri (26) berdiri di pinggir jalan dan menghentikan mobil yang melintas.

Kemudian mereka langsung meminta uang dengan nominal antara Rp10.000,- sampai dengan Rp20.000,- dari para sopir mobil angkutan batubara yang melintas. Setelah itu mobil ditempeli stiker sebagai tanda bukti bahwa mereka telah menyetorkan uang.

Mereka juga mengancam para sopir apabila tidak mau meyerahkan uang maka keamanan para sopir yang melintas tidak terjamin.

Berdasarkan pengakuan tersangka pungli, diketahui pula tersangka Reno (37) bertugas mencatat di buku identitas mobil yang telah menyetor atau memberikan uang kepada mereka.

Kemudian, Dedi (37) bertugas mengawasi keadaan sekitar dan mengatur peran rekan-rekannya pada saat salah dari mereka mengambil uang langsung dari para sopir mobil angkutan batubara. ‬(EDW)