Presiden Jokowi dijadwalkan membuka PON XIX di Jawa Barat, Sabtu Malam (17/9).

Presiden Jokowi dijadwalkan membuka PON XIX di Jawa Barat, Sabtu Malam (17/9).

BANDUNG, HS –  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, Sabtu, (17/9). Kepastian kehadiran Jokowi di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada pembukaan PON diungkap oleh Wakil Ketua PB PON Jabar Deddy Mizwar.

“Saya sudah koordinasi dengan Setneg. Jadi ada perubahan acara yaitu pidato presiden ada di bagian belakang,” ucap Deddy kepada wartawan di media center utama yang berlokasi di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Jumat (16/9).

Menurut Deddy, pihaknya ingin Jokowi menikmati sajian seremonial nan megah hingga tuntas saat berlangsungnya pembukaan even olahraga empat tahunan ini. Maka dari itu pidato Jokowi sengaja disiapkan di bagian akhir atau sebelum pesta kembang api.

“Pidato presiden ialah puncak acara pembukaan PON Jabar, setelah itu ada kembang api besar. Jadi, sakralnya acara pembukaan itu ya pidato dari presiden,” sambungnya.

“Ya, sudah fix begitu. Pidato presiden ada di bagian akhir,” ujar Sekretaris Umum PB PON Jabar, Ahmad Hadadi, seraya menegaskan.

Jokowi juga direncanakan memberikan obor kepada karateka cilik berbakat, Diah Pitaloka yang akan menyalakan api kauldron. (MIM)