LAMPUNG,HS – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan beroperasinya ruas tol Trans Sumatera Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung yang dipusatkn di Gerbang Tol Simpang Pematang KM 240  Desa Mulya Agung, Kec Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Lampung, Jumat (15/11).

Gubernur Provinsi Sumsel H. Herman Deru disela-sela peresmian tol ini mengucapkan terimakasih kepada Presiden RI Jokowi yang telah menginisasi  pembangunan jalan tol Lampung sampai Palembang.

“Hari ini diresmikan Terbanggi-Kayuagung dan Kapal betung telah jalan fungsional tentu ini berkah bagi warga Provinsi Sumsel. Yang mendekatkan Sumsel dengan pulau jawa yang tadinya kita tempuh dalam waktu 14 jam ke Bakauehuni sekarang hanya 4 jam saja. Jadi ada 10 jam terpangkas berapa BBM- nya, energinya yang terhematkan dengan adanya tol ini,” papar Herman Deru.

Ia berharap sesuai dengan arahan Presiden,  keberadaan jalan tol bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi baru.  Sentra ekonomi baru k

harapkan dapat segera terwujud, karena itu Pemprov Sumsel mendukung penuh apapun tujuannya yang berujung pada kesejahteraan rakyat.

“Manfaat tol ini begitu besar. Karena itu kita perbesar dengan kita membuat exit-exit menuju centra produksi pertanian, centra produksi kerajinan dan centra produksi pariwisata,” tegasnya.

Sementara itu sebelumnya  Presiden RI Jokowi dalam sambutannya menegaskan, total panjang ruas jalan tol Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung  189 Km  dan merupakan jalan tol terpanjang yang pernah Ia resmikan, ditambah lagi dengan ruas jalan tol Kayuagung- Palembang kemudian jalan tol Palembang- Betung.

“Totalnya 189 Km, ini adalah jalan tol terpanjang yang pernah Saya resmikan,  kita sambung lagi tol Kayuagung – Palembang dan Palembang- Betung,” tuturnya

Jokowi mengatakan, tujuan dari hadirnya jalan tol Trans Sumatera (JTTS)  adalah menciptakan pertumbahan ekonomi baru, kemudian menciptakan perbaikan jaringan logistik yang lebih baik, serta memberikan fasilitas kepada central produksi.

“ Artinya disini kalau ada karet, sawit, ada ikan,  akan mempercepat dan memberikan fasilitasi pada produksi central- central produksi yang ada, yang paling penting menciptakan lapangan kerja,” katanya.

Menurutnya pula, jalan tol ini berkaitan dengan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia dimana tidak hanya di Pulau Jawa namun juga tol dibangun diluar Jawa.

“Kita harapkan Lampung menuju atas hingga Aceh pergerakannya nanti di tahun 2024, sepanjang 2.700 Km akan diselesaikan,” tambahnya

Sedangkan fungsi dari tol lanjut Jokowi untuk membangun perdaban kebudayaan. Dimana sebelumnya  jalan kecil-kecil dikampung di perbaiki meningkat ke jalan kabupaten, meningkat lagi ke jalan-jalan provinsi dan jalan nasional.

“Hingga jalan tol seluruh rakyat menikmati,  mobilitas orang, barang dan jasa lebih cepat lagi,” pungkasnya

Prosesi peresmian tol  kali ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan peninjauan tol. Serta penyerahan rekor Muri tol Trans Sumatera terpanjang di Indonesia.