PALEMBANG,HS – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memastikan program kuliah gratis (PKG) tahun 2018 tetap berjalan dan menjadi prioritas, Tujuan agar masyarakat di, Sumsel bisa memperoleh pendidikan yang tinggi.

Pemprov Sumsel ditahun 2018 ini kuncurkan dana Program Kuliah Gratis (PKG) untuk mahasiswa penerimaan baru dan juga mahasiswa yang sudah berjalan senilai Rp50,9 miliar, Bahkan dana tersebut meningkat dibandingkan dengan 2017 lalu yang hanya dialokasikan sebesar Rp40 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel Nasrun Umar mengatakan, PKG tetap berjalan sejak 2015 dengan alokasi anggaran senilai Rp30 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan mahasiswa baru di beberapa perguruan tinggi dan program kemitraan untuk program SMK jadi guru di Universitas Negeri Yogyakarta dan UPI Bandung.

“Lalu, untuk program santri jadi dokter di Universitas Negeri Syarif Hidayattulah dan program beasiswa kemitraan,” ujar Nasrun saat ditemui, di Pemprov Sumsel, Selasa (6/2/2018).

Ia juga mengatakan, pada 2016 lalu PKG tersebut dialokasikan sebesar Rp40 miliar untuk mahasiswa penerimaan baru dan mahasiswa yang telah berjalan, Sedangkan di 2017 kembali dialokasikan senilai Rp40 miliar untuk mahasiswa baik itu penerimaan baru maupun yang telah berjalan.

“Untuk tahun 2018 PKG dialokasikan sebesar Rp50,9 miliar untuk penerimaan mahasiswa baru dan mahasiswa yang telah berjalan juga,” tutupnya