PALEMBANG,HS – Progres Pembangunan LRT Kota Palembang Sampai saat ini sudah mencapai 34 persen, Khusus Pembangunan LRT disungai musi,

Hal ini diungkapkan oleh Sekretaris Project Manajemen Unit (PMU) Percepatan Pembangunan LRT Palembang, Wahidin saat ditemui diruang kerjanya selasa (1/2),

“Ya, Pembangunan LRT akan ditargetkan akhir tahun 2017 ini sudah selesai hingga pemasangan Girder LRT di atas Sungai Musi.” ujarnya.

Dia juga menerangkan, pier yang ada di darat sekitar Sungai Musi kawasan Jembatan Ampera sudah selesai, sementara pier yang di sungai Musi ada 4 pier yang saat ini dalam tahap pengerjaan.

“Ada 4 pier di dalam Sungai Musi, satu titik pier ada 20 bor harus selesai. Ketingggiannya dari bawah sungai ke atas mencapai 61 meter dari dasar tanah keras sampai ke atas.” urainya.

Dia juga mengungkapkan, Selain itu pengerjaan khusus di dalam Sungai Musi tetap koordinasi dengan direktorat jembatan supaya jembatan Ampera termonitor sehingga terlihat ada dampak atau tidak terhadap Ampera.

“Tidak ada masalah,” tutupnya.

“Sekarang ini enaknya pekerja ini sudah bangun diatas (penaikan Girder), bukan di bawah lagi, sudah banyak menaikkan Girder. Kalau sudah diatas, ngecor-ngecor itu insya Allah lalulintas tidak terganggu lagi,” tuturnya.

Dia juga mengakui, ada beberapa pier yang belum terpasang di darat, salah satunya  di simpang 4 Polda. Menurutnya itu terkendala pipa PDAM yang harus bergeser dulu agar bisa dibangun.

“Pipanya mungkin dalam minggu ini akan digeser dan pegawai bisa bekerja lagi Begitu pula dengan di Simpang bandara (TAA) sudah ada kesepakatan kemarin tinggal dibangun. Ngecor nya bertahap, cor bawah dulu (pile cap), sebulan kering baru ke atasc ke atas lagi Artinya butuh 2 bulan untuk pengeringan itu (pier) baru bisa dipasang Girder.” jelasnya.

Sambungnya, Tahap selanjutnya koordinasi dengan Pemkot Palembang terkait median jalan dengan taman yang seharusnya bentuknya dikembalikan ke semula.(MDN)