PALEMBANG,HS – Sebelum Asian Games 2018. Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumsel akan tingatkan Ph atau derajat keasaman danau jakabaring sport city yang merupakan venue dayung pada event asian games nanti.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Provinsi Sumatera Selatan Dharma Budi saat diwawancarai dikantornya Selasa (20/2/2018).

Menurutnya, pH air danau masih 3 dan perlu ditingkatkan sesuai persyaratan menimal 5-7, dan pihaknya akan berkordinasi dengan pihak Dinas Lingkungan Hidup dan pihak terkait lainnya.

“Peningkatan pH bisa dilakukan dengan penaburan garam atau kapur,” katanya

Ia juga mengatakan, Untuk menjaga danau yang saat ini menjadi idola para pengunjung JSC tersebut, sejak Januari lalu yelah dilakukan pembersihan rutin di saluran air yang menuju ke danau.

“Termasuk pembersihan enceng gondok di danau. Sampai sekarang masih ada yang kerja secara manual masuk ke danau untuk membersihkan danau dari enceng gondok dan tumbuhan lainnya,” terangnya.

Ia juga menerangkan, dalam waktu dekat akan memasang bambu di 3 saluran yang masuk ke danau. Selain itu pula membatasi enceng gondok agar tidak masuk ke area danau dengan bambu.

“Apalagi mendekati Asian Games, penjagaan terus dilakukan di daerah danau untuk memastikan danau bebas dari enceng gondok. Apalagi jika enceng gondok dam tumbuhan lainnya yang sudah menumpuk akan sedikit sulit untuk dibersihkan,” tegasnya