fdgPALEMBANG,HS – Dana PSG yang dimanfaatkan oleh beberapa sekolah untuk memenuhi biaya operasional sekolah termasuk membayar gaji guru honorer terpaksa tertunda hal ini akibat minimnya anggaran, sehingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel terpaksa harus menunggak pembayaran dana sharing untuk pendidikan atau dana Program Sekolah Gratis (PSG) di beberapa Kabupaten/Kota di Sumsel.

Seperti diakui oleh Kepala SD Negeri 179, Maulina. Ia mengatakan, belum cairnya dana PSG triwulan tiga tentu sempat membuat dirinya kewalahan untuk mencari talangan pembayaran gaji guru honorer. “Jadi, untuk sementara gaji guru honorer dibayar memakai dana sekolah. Kalau dana PSG sudah cair barulah dana sekolah tersebut diganti,” ungkapnya kepada Haluan Sumatera,Kamis (27/10).

Dikatakan Maulina, semestinya pencairan dana PSG sudah bisa diterima pada awal Oktober, tetapi hingga saat ini pihak sekolah belum mengetahui persis keterlambatan pencairan dana PSG. “Kami berharap semoga bisa segera dicairkan,” harapnya.

Hal serupa juga dialami oleh guru honorer di SMA Negeri 21 Palembang, puluhan guru honorer mengaku pasrah untuk pencairan dana PSG. “Keterlambatan pencairan dana PSG ini sudah sering terlambat, kami pasrah saja,” ungkap Kepala SMAN 21 Palembang, Zulkarnain.

Ia menambahkan, pihaknya mencari dana talangan sementara untuk membayar gaji guru honorer memakai dana koperasi sekolah. “Kalau ditotalkan untuk biaya gaji guru honorer di sekolah kami harus mengeluarkan dana sebesar Rp43 juta. Ya, kalau misalnya dana koperasi sekolah kurang, saya harus tutupi pakai uang pribadi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sumsel Drs Widodo MPd menyebutkan saat ini pencairan dana PSG masih proses administrasi pencairan.

“Masih diurus, mudah-mudahan awal November sudah bisa dicairkan. Saya berharap guru bisa bersabar dan tetap menjalankan tugas sebagaimana mestinya, bagi sekolah yang mendapatkan dana PSG hendak bersabar. tenaga honor di sekolah-sekolah baik guru, tenaga administrsi dan petugas kebersihan harus bersabar karena belum menerima gaji yang bersumber dari dana PSG itu,” pungkasnya(Hsn)
.