PALEMBANG,HS – Puluhan Sekolah Sepakbola (SSB) di beberapa provinsi di Indonesia, turun pada even Palembang Soccer Festival 2018 yang digelar Forum Pembina Sekolah Sepakbola Indonesia (Fopssi) Sumsel di Jakabaring Sport City (JSC), pada 18-20 November 2018.

Ketua Pelaksana Alfa Risiarma menerangkan, Palembang Soccer Festival 2018 yang memperebutkan total hadiah Rp40 juta ini, mempertandingkan beberapa kelompok umur, mulai dari U-8, U-10, U-12 dan U-14. Selain itu, pihaknya juga menggelar seminar tentang Filosofi Sepakbola Indonesia #Filanesia. Seminar ini menghadirkan narasumber mantan pemain Timnas Indonesia, Firmansyah, yang juga instruktur Filanesia PSSI dan Direktur Pengembangan Usia Muda SFC, Bambang Supriyanto.

Untuk peserta sendiri, papar Alfa, pada kelompok umur U-8 diikuti 8 SSB yakni, Sampali, Elang Emas Sriwijaya (Elmas) A, Sumsel A, Hatta Soccer A, Elmas B, Hatta Soccer B, Sampali B dan Sumsel. Kemudian, untuk peserta U-10 dari JSA Bali, Top 11 Bangka, Gelumat Sumatra Utara, Putra Buana, Elmas A, Forcel Lahat, Hatta Soccer, Elmas B, Sumsel, Pusri, Yonif 143 Lampung.

Berikutnya, untuk U-12 ada 2 peserta yakni, 007 Baturaja, Hatta Soccer Star, Yonif 143 Lampung, PTP I Sumut, Pusri B, Way Dadi Lampung, Buyer Sumut, Hatta Soccer Best, Sumsel, Elmas A, Medco Sumsel, Forcel Lahat, Gandus, Fasser Lampung, Siantar, Tunas Muda, Gajah Mada, Elmas C, Pusri A dan Garuda Muda (Garda).

Selanjutnya, untuk U-14 peserta ada 12 SSB yakni, Gajah Bringas Lampung, Tunas Sriwijaya, ATT Sumut, Elmas B, Murex, FQ Junior, Putra Buana, TGM Sumut, Elmas A, Gajah Mada, PTP I Sumut dan SONS.

“Kalau aturan mainnya, kita pakai 2×10 menit dengan formasi 7 lawan 7, tapi untuk kelompok umur U-8 itu menggunakan 4 lawan 4, sesuai yang dipakai filanesia. Berbeda dengan kelompok umur U-14 yang sudah menggunakan satu lapangan penuh dengan waktu 2×30 menit,” terangnya.

Sementara, Ketua Fopssi Sumsel, Andri Jauhari menuturkan, Palembang Soccer Festival ini merupakan satu ajang kompetisi pembinaan anak anak usia dini dan usia muda sepakbola, khususnya untuk usia 8, 10, 12 dan 14 yang dilaksanakan oleh Fopssi Sumsel.

“Open Tournament ini, selain diikuti oleh SSB dari kota Palembang juga diikuti oleh SSB dari berbagai daerah meliputi Batam, Medan, Padang, Lampung, Bangka, Bali, Muratara, Baturaja, Kayu Agung, Muara Enim dan Lahat,” tuturnya.

Harapannya, sambung Andri, untuk kedepan event ini akan menjadi event tahunan, guna mendukung Jakabaring Sport City Palembang sebagai salah satu destinasi pariwisata olah raga.