224869_09284611082016_IMG_4997

Wali Kota Palembang H Harnojoyo mengunjungi rumah Laudi, di lingkungan RT 25, Kelurahan Tangga Takat, Kecamatan SU II, kemarin (11/8).

Palembang,HaluanSumatera – Selama puluhan tahun, Laudi (65) tahun, harus tinggal dirumah tak layak huni. Rumah dengan ukuran kurang dari 50 meter persegi tersebut, harus ditinggali Laudi bersama istri dan anak cucunya, dengan kondisi dinding-dinding papannya yang berlubang serta atap rumah yang sering bocor.

Mendengar hal tersebut, Walikota Palembang, Harnojoyo langsung melakukan tinjauan terhadap rumah tak layak huni yang terletak di RT 25,Kelurahan Tangga Takat, Kecamatan Seberang Ulu II, yang ditempati Laudi,Kamis (11/8).

Laudi tengah tergeletak lemah di tempat tidur karena menderita stroke saat Walikota menyambangi rumahnya yang nyaris roboh dan sempat menjadi perbincangan di media sosial dan media massa beberapa waktu lalu.

Di dampingi anak istrinya, wajah gembira langsung nampak ditunjukkan Laudi yang sudah lama terbaring karena sakit, tersenyum saat Harnojoyo menyampaikan akan segera memperbaiki rumahnya.

“Saya sudah perintahkan dinas terkait untuk langsung membedah rumah ini. Dibangun dari awal lagi dan menjadi rumah layak huni,” ujar Harnojoyo.

Harno menegaskan, rumah kayu tersebut akan dibedah menggunakan dana Baznas Pemkot Palembang, lebih-kurang Rp70 juta. Menjadi rumah dinding beton tipe 35 atau berukuran 5×7 meter.

“Setiap tahun pemkot menganggarkan Rp 100 miliar untuk program bedah rumah yang ada di kota Palembang. Kita akan bangun rumah pak Laudi ini lebih bagus lagi dengan lantai keramik dengan ukuran tipe 35,” imbuhnya.

Lebih lanjud harnojoyo mengatakan, untuk surat menyurat rumah tersebut, tidak ada kendala. Sebab rumah yang dihuni oleh pasangan suami istri tersebut, warisan dari orang tuanya secara turun temurun.

Asnani sendiri tak kuasa menahan haru, setelah dikunjungi dan mendengar janji orang nomor satu di Palembang itu. Ibu dua anak yang juga menderita stroke ringan tersebut, tak henti-hentinya mengucap syukur karena dalam waktu dekat akan segera menempati rumah dengan dinding beton dan lantai keramik.

“Alhamdulillah, akhirnya impian itu terwujud, Ini rezeki dari allah.swt, mudah-mudahan Walikota mendapat balasan,” tuturnya.(SNI)