petanque

BEKASI, HS – Tim petanque Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Selatan (Sumsel)  mencatatkan dirinya sebagai juara umum cabang olahraga petanque dalam PON XIX Jawa Barat (Jabar) 2016 yang digelar di Universitas Islam Empat Lima, Bekasi, Kamis, (22/9).

Tim petanque Sumsel sendiri berhasil menyumbangkan lima medali emas, satu perak, serta satu perunggu. Medali pentaque Sumsel disumbangkan oleh Anissa, Dian, Lena, Erik, Lembaut, Ichan, Rasid, dan Muslimin.

Rinciannya, Sumsel memperoleh satu emas di nomor shooting man, satu emas di cabang shooting women, satu emas nomor single women, satu emas nomor double women, dan satu emas di nomor double mix. Kemudian, satu perak diperoleh tripple man, dan satu perunggu dari nomor tripple women.

Perolehan ini sekaligus mengalahkan tuan rumah Jawa Barat yang hanya meraih dua emas, satu perak, dan satu perunggu.

Seperti diketahui, atlet petanque yang mewakili Sumsel di PON Jabar kali ini merupakan atlet handal yang telah memiliki pengalaman di ajang internasional.

Pada PON XIX Jabar 2016 ini, pentaque dipertandingkan sebagai cabor eksibisi. Pengurus Besar Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) sendiri baru dibentuk 18 Maret 2011 dan setelah itu langsung ikut SEA Games XXVI 2011 di Palembang, Sumsel.

Pada PON Jabar, cabor pentaque diikuti oleh 19 propinsi yakni Bali, Maluku Utara, Aceh, Sulawesi Utara, Jambi, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Banten, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, Bandar Lampung, Nusa tenggara Timur.

Diharapkan pada PON XX 2020 mendatang, pentaque telah menjadi cabor resmi PON dan menjadi tambang medali bagi Sumsel. (AND)