Foto (Ist)

PALEMBANG,HS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) telah merampungkan rekapitulasi pemilihan legislatif tingkat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Hasilnya, dari 17 kursi jatah perwakilan Sumsel, ada enam wajah baru hadir menggantikan petahana untuk duduk sebagai wakil rakyat tersebut.
Meski demikian, tokoh-tokoh tersebut merupakan politikus yang sudah memiliki nama besar di Bumi Sriwijaya. Mereka rata-rata pernah menduduki jabatan sebagai Gubernur, Wakil Gubernur, Wali Kota, hingga kerabat dan istri kepala daerah.
Yakni, mantan Gubernur Sumsel dua periode, Alex Noerdin, Wakil Gubernur, Ishak Mekki, lalu mantan Wali Kota Palembang dua periode, Eddy Santana Putra, dan mantan anggota DPD RI yang juga anak sulung dari Gubernur Sumsel saat ini, Percha Leanpuri, serta putri mantan Bupati Lubuklinggau, Riezky Aprilia, dan Istri Bupati Kabupaten PALI, Sri Kustina.
Politisi Partai Nasdem, Percha Leanpuri meski mampu memperoleh suara terbesar kedua di Dapil Sumatera Selatan 2 dengan perolehan 124.047 suara, namun ia mengaku masih akan menunggu hingga keputusan resmi dari KPU.
“Terus berdoa saja, semoga terpilih menjadi wakil rakyat, biar lah KPU yang menetapkan,” kata Percha, Selasa (14/5/2019).
Percha bilang, akan memperjuangkan  kebutuhan masyarakat Sumsel di pusat. Baik di sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan lainnya.
“Yang penting utamakan kepentingan masyarakat, bukan kepentingan golongan,” ujarnya
Lanjutnya, Tak hanya itu, sebagai legislatif turut menyelaraskan program daerah dengan Pemerintah Pusat sehingga kedepan Sumsel dapat lebih maju dan berkembang.
“Fungsi DPR dalam legislasi sangat vital bukan hanya membahas namun juga mengesahkan anggaran yang telah dibahas bersama dengan pemerintah,” tutupnya