PALEMBANG,HS – Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) serta bukti nyata BUMN Hadir Untuk Negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang menyelenggarakan Bakti Sosial berupa pengobatan gratis pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Banjarsari, Desa Arahan, Kecamatan Merapi Timur, Rabu (3/10/2018).
Pelayanan kesehatan di Stasiun Banjarsari ini merupakan kali ke 3 setelah sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2017 dan 2018 menggunakan Rail Clinic.
Layanan kesehatan yang disediakan di dalam Rail Clinic ini adalah pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, gigi, cek kehamilan, pemeriksaan laboratorium, serta pelayanan kefarmasian.
Bakti sosial pengobatan gratis ini telah dilaksanakan PT KAI Divre III sejak Bulan Desember 2016 setelah Rail Clinic generasi kedua mulai dioperasikan di Divre III Palembang, kegiatan dilaksanakan secara bergantian di stasiun-stasiun sepanjang lintas Divre III, yaitu Stasiun Kertapati,Stasiun Tanjung Enim Baru,Stasiun Sukacinta, Stasiun Blimbing Pendopo, Stasiun Prabumulih, Stasiun Banjarsari (3x),Stasiun Tebing Tinggi dan Stasiun Keramasan.
Rail Clinic ini dilatarbelakangi oleh semangat PT KAI untuk memberikan pelayanan lebih kepada masyarakat khususnya di bidang kesehatan dengan memanfaatkan jalur KA. Sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan darat lainnya. Untuk kegiatan di stasiun Banjarsari hari ini, juga dibagikan kacamata gratis bagi 50 anak SDN 01 Banjarsari dan bantuan peralatan olahraga bagi masyarakat di sekitar Stasiun Banjarsari.
EVP III Pg Hendy Helmy mengatakan bahwa pengobatan melalui Rail Clinic ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan warga di sekitar wilayah kerja PT KAI menjadi lebih baik.
“Kepada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan stasiun atau rel kereta api, kami harapkan untuk ikut menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI,” ungkap Hendy.