PALEMBANG,HS – Sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) serta bukti nyata BUMN Hadir Untuk negeri, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre III Palembang kembali menyelenggarakan Bakti Sosial berupa Periksa dan Pengobatan kesehatan gratis menggunakan Rail Clinic pada masyarakat yang tinggal di sekitar Stasiun Lubuk Linggau, Kelurahan Pasar Permiri, Kecamatan Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuk Linggau, Rabu (6/3/2019).
Pelayanan kesehatan di Stasiun Lubuk Linggau ini merupakan kali ke-2 setelah sebelumnya telah dilakukan pada di Stasiun Gelumbang pada awal tahun 2019 dan juga sebelumnya sudah beberapa kali dilaksanakan mulai dari tahun 2016 – 2018 menggunakan Rail Clinic. Secara umum, fasilitas pelayanan kesehatan yang diberikan di dalam Rail Clinic ini adalah jenis pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat tertama.
Para warga dapat memeriksakan kesehatan disini secara gratis, di Rail Clinic ini terdapat layanan pemeriksaan gigi, bagi ibu hamil dapat memeriksakan kandungannya dan dilengkapi dengan Ultrasonography (USG), layanan periksa mata, dan cek kesehatan lainnya. Dalam kegiatan ini juga melibatkan tenaga medis diantaranya dokter umum, dokter gigi, dokter kandungan, bidan, petugas lab, petugas poli mata dan paramedis lainnya. Selain layanan pemeriksaan dan pengobatan gratis, PT KAI juga memberikan kacamata gratis dan tas sekolah kepada 50 siswa/i SD Negeri 22 dan SD negeri 28 Lubuklinggau.
EVP Divre III Palembang, Anang Yoyo menjelaskan bahwa bahwa  Rail Clinic terdiri dari dua kereta retrofit atau kereta rel diesel (KRD) yang telah dimodifikasi seperti poliklinik berjalan.
“Di mana masing–masing memiliki tata ruang dan jenis pelayanan kesehatan yang berbeda.
Lanjutnya, Kereta Rail Clinic ini juga merupakan salah satu kereta api khusus yang dipergunakan untuk pelayanan kesehatan sebagai wujud rasa kepedulian PT KAI (Persero), kepada masyarakat di sepanjang jalur rel KA yang ada di wilayah Divre III Palembang yang dilaksanakan secara bergantian dan berkesinambungan.
“Diharapkan dengan adanya kegiatan pengobatan gratis ini masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan PT KAI, serta dapat mempererat silahturahmi dengan masyarakat sekitar sehingga masyarakat dapat turut aktif menjaga asset dan keselamatan perjalanan KA di wilayah Divre III Palembang,” tutupnya