PALEMBANG, HS – Musibah di hari pertama Ramadhan menimpa penduduk di Jalan Aiptu A. Wahab, Kelurahan 15 Ulu Kecamatan Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan. Di kawasan padat penduduk itu, tadi pagi telah terjadi kebakaran yang menghanguskan 18 rumah.

Sumber kebakaran diduga dari konsleting listrik milik kediaman Saparudin yang sudah lama tinggal. Kondisi rumah yang terbuat dari kayu, membuat api cepat menjalar hingga sulit dipadamkan.

Warga dan petugas PBK berjibaku memadamkan api. Lokasi kebakaran yang berada di pemukiman padat penduduk dan di pinggir sungai membuat warga dan petugas PBK tidak maksimal menjinakkan api.

Menurut keterangan salah satu warga setempat, Meriyani (35) mengaku melihat kepulan asap membumbung tinggi dari pinggir sungai. Ia yang panik langsung berlari memberi tahu warga di lokasi kejadian.

“Saat itu, warga sempat berupaya memadamkan api. Namun karena kondisi bangunan dari kayu, api cepat besar. Tadi warga nolong semua, cuma apinya lebih besar karena di sini rumahnya dari kayu semua,” ungkapnya.

Kapolsek Seberang Ulu 1 Palembang Kompol Mayestika Hidayat mengatakan, hingga kini pihaknya masih menyelidiki penyebab kebakaran.

“Di TKP sudah dipasangi garis Polisi, masih diselidiki sumber api dari mana. Untuk korban tidak ada, sementara kerugian juga belum diketahui,” jelas Mayestika.

Sementara Anggota DPRD Palembang Fahrie Adianto mengungkapkan rasa prihatin. Dia berharap agar pemerintah kota bergerak cepat untuk memberikan bantuan kepada korban kebakaran.