PALEMBANG,HS – Rangkaian Kereta Light Rqil Transit (LRT)/Dipastikan Akan datang ke palembang pada januari 2018 nanti,
Pembuatan Rangkaian Kereta LRT Tersebut dilakukan si PT Industri Kereta Api Nasional (PT INKA) yang berada di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur,

Kereta api ringan Palembang dibuat. Rencanaya sesuai jadwal, train set tersebut akan tiba di Kota Palembang pada Januari 2018.

Hak ini diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Sumsel Nasrun Umar, Senin (10/7),

Ia juga menjelaskan, di pabrik tersebut gerbong LRT dibuat. Totalnya ada delapan train set dan mulai Januari 2018 kereta akan tiba di kota pempek. Namun, tak datang sekaligus, melainkan secara bertahap,

“Ya, kanuari 2018 mendatang tran set tiba di Palembang. Apalagi target kita, pada April 2018 sudah dapat dilakukan uji coba,” pungkasnya

Lanjunya, Kapasatis penumpang, untuk satu train set sepur dipucuk yang biasa disebut Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin maksimum sebanyak 545 penumpang. Satu train set tersebut terdapat sedikitnya tiga gerbong.

“Memang nantinya train set LRT Palembang mampu menampung jumlah penumpang yang cukup banyak,” jelasnya

Ia juga menambahkan, untuk nilai kontrak pengadaan sebesar Rp388 miliar. Dengan nilai ratusan miliar tersebut mencakup perawatan selama empat tahun, masa penyerahan sarana dilakukan dua tahap, yakni dua transit dan enam transit.

“Totalnya ada delapan transit. Artinya, saat pengiriman pertama akan diserahkan dua transit. Kemudian, Juni enam transit,” tuturnya.

Diketahui sebelumnya, rangkaian kereta terdiri M1-T-M2 yakni Motor Car (M1) atau kereta dengan roda penggerak dan mempunyai kabin masinis, Trailer Car (T) atau kereta pengikut dan M2. Berat M1+M2 adalah 33 ton dan T seberat 32 ton.

Material Carbody terbuat dari aluminium alloy, kecepatan desain 100km/jam dan operasional maksimal 80 km/jam. Kursi kereta yang disediakan didesain 4 orang per meter persegi bisa menampung 379 penumpang, kalau desain 8 orang per meter persegi bisa menampung 629 penumpang dan itu ada yang duduk dan berdiri.(MDN)