salah-satu-peserta-english-olympic-competiton-1PALEMBANG,HS –Terasa sulit bagi sebagian orang tua disaat mengucapkan bahasa inggris.Tetapi tidak untuk kalangan anak muda Palembang yang kebanyakan sudah fasih berbahasa inggris.

Seperti yang terlihat di pelaksanan English Olympic competiton yang diadakan oleh Mahasiswa FKIP Bahasa Inggris Unsri yang berlangsung di auditorium Palembang Indah Mall, Senin (24/10/2016).

Ratusan anak muda yang terdiri dari pelajar jenjang SMP,SMA hingga mahasiswa perguruan tinggi unjuk kebolehan kemampuannya dalam bahasa inggris..

” Penyelengaraan lomba kali merupakan agenda tahunan yang dilakukan oleh FKIP Bahasa inggris dengan tajuk English olmypic SEESPA (student of english education study progam association),” ujarnya Aulia Rahmawati selaku ketua pelaksana kepada HS.

Ia menyebutkan,ada 7 kategori yang diperlombakan, meliputi Newscating (baca berita -red), wall magazine ( Mading), story telling, spelling Bee, Debate , Accoustic dan speech contest. Khusus peserta dari jenjang SMP hanya mengikuti di dua perlombaan yakni spelling bee dan story telling, sedangkan peserta SMA dan Mahasiswa ikut semua kecuali story telling.

” Peserta berjumlah 400 orang, dengan rincian 50 peserta SMP, 250 peserta SMA dan sisanya Mahasiswa. Rangkaian perlombaan sudah dimulai sejak jumat lalu, dan tepat hari inilah puncak finalnya,” tuturnya.

Pihaknya pun sudah menyiapkan hadiah berupa trophy bagi tiap juara di semua kategori dengan tambahan uang pembinaang. Selain itu, untuk dewan juri didatangkan dari pihak yang berkompeten seperti dosen FKIP Bahasa inggris UNSRI, Alumni mahasiswa dan pihak luar.

” Harapan kita agar masyarakat kota Palembang mulai menyukai bahasa inggris sebagai media komunikasi, mengingat kedepannya Palembang akan menjadi tuan rumah asian games, dimana percakapan bahasa inggris sebagai bahasa internasional amat diperlukan,” tuturnya.

Sekaligus juga melalui perlombaan ini, dapat memberikan wadah bagi pelajar muda Palembang melatih bahasa inggrisnya. Pasalnya, dengan kompetisinya kemampuan mengasah percakapan bahasa inggris akan jauh lebih baik.

” Tahun depan akan kita selengarakan lagi, tentunya dengan skala yang lebih besar. Apalagi minat siswa akan lomba bahasa inggris amatlah besar, dengan adanya lomba bahasa Inggris ini juga memotivasi siswa untuk dapat menguasai bahasa Asing, apalagi memasuki era MEA seperti ini,” tandasnya(Hsn)